JawaPos Radar

5 Jam Geledah Kantor Disdik Malang, KPK Amankan Dokumen

09/10/2018, 18:00 WIB | Editor: Budi Warsito
5 Jam Geledah Kantor Disdik Malang, KPK Amankan Dokumen
Penyidik KPK saat meninggalkan Gedung Disdik Kabupaten Malang.  (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Penggeledahan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa (9/10) berlangsung selama 5 jam.

Sedikitnya ada lima orang penyidik yang terlihat melakukan penggeledahan. Mereka memakai rompi bertuliskan KPK dengan mengenakan masker. Beberapa ruangan yang ada di dinas tersebut mereka geledah.

Pantauan JawaPos.com di lokasi, tim KPK tampak beberapa kali keluar gedung. Mereka menuju halaman parkir dan menggeledah mobil-mobil di sana. 

Ada mobil dinas Kepala Disdik, M Hidayat dan beberapa mobil pribadi milik kepala bidang. Unit kendaraan itu tak luput dari penggeledahan tim anti rasuah. 

Selama penggeledahan yang berlangsung sejak pukul 10.45 WIB hingga 16.08 WIB, pintu gerbang ditutup rapat. Satpam dan polisi bersenjata tampak berjaga ketat. Lima jam pula, aktivitas pelayanan di Disdik lumpuh.

Tidak ada orang yang masuk atau keluar. Guru yang ingin mengurus surat-surat pun tidak diperkenankan masuk, karena penggeledahan ini. 

Kadisdik Kabupaten Malang, M Hidayat, ditemui wartawan usai penggeledahan menjelaskan, ada empat dokumen yang diamankan oleh petugas KPK. Rincinya, dokumen itu hanya beberapa lembar dan cukup tipis. 

"Tipis kok, semua dokumen ditempatkan di map plastik transparan," kata dia, kepada wartawan, Selasa (9/10).

Dayat menjelaskan, dokumen itu diamankan dari bidang tenaga teknis pendidik dan tenaga kependidikan, bidang SD kemudian SMP. Menurutnya, tidak ada dokumen soal DAK tahun 2011 hingga 2015 yang diamankan oleh KPK.

Ada satu dokumen yang diamankan hanya karena terdapat tulisan tangan. Namun, dia enggan merinci lebih lanjut isi dari tulisan itu. "Bukan soal DAK, tapi PPDB. Nggak ada kaitannya dengan DAK," imbuhnya.

Usai menggeledah Disdik Kabupaten Malang, KPK segera masuk ke dua unit mobil yang sudah standby. Mereka masuk ke satu unit Innova hitam dan Hi Ace warna silver dan segera meninggalkan lokasi.

(tik/JPC)

Alur Cerita Berita

Bupati Malang Dinilai Ksatria 09/10/2018, 18:00 WIB
Bupati Malang Mengaku Jadi Tersangka 09/10/2018, 18:00 WIB
KPK Geledah Pendopo Kabupaten Malang 09/10/2018, 18:00 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up