JawaPos Radar

Begini Wajah Pelaku yang Meracuni Mantan Agen Rusia dan Putrinya

09/10/2018, 17:55 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
sergei skripal, racun novichok, agen rusia,
Situs investigasi Bellingcat mengidentifikasi tersangka kedua dalam serangan racun Novichock di Inggris sebagai Alexander Mishkin, dokter militer yang bertugas di intelijen Rusia (Euro News)
Share this image

JawaPos.com - Situs investigasi Bellingcat mengidentifikasi tersangka kedua dalam serangan racun Novichock di Inggris sebagai Alexander Mishkin, dokter militer yang bertugas di intelijen Rusia. Orang Rusia kedua yang dicurigai melakukan percobaan pembunuhan terhadap mantan agen rahasia Sergei Skripal adalah seorang dokter militer yang bekerja di badan intelijen militer Rusia GRU, kata situs investigasi Bellingcat hari Senin, (8/10).

Bellingcat mengatakan, nama asli pria yang diidentifikasi oleh jaksa Inggris sebagai Alexander Petrov sebenarnya adalah Alexander Yevgenyevich Mishkin. Bulan lalu, Bellingcat juga mengidentifikasi orang Rusia pertama yang dicurigai menyerang Sergei Skripal dan putrinya Julia dengan agen saraf Novichock sebagai Anatoliy Chepiga, kolonel di GRU yang sudah mendapat banyak tanda jasa.

Polisi Inggris sebelumnya mengidentifikasi pria itu sebagai Ruslan Boshirov, yang disebut Bellingcat sebagai nama alias Chepoga. Polisi Inggris sendiri menolak mengomentari laporan terakhir Bellingcat.

sergei skripal, racun novichok, agen rusia,
Bulan lalu, Bellingcat juga mengidentifikasi orang Rusia pertama yang dicurigai menyerang Sergei Skripal dan putrinya Julia dengan agen saraf Novichock (Daily Mail)

"Kami tidak akan mengomentari spekulasi mengenai identitas mereka," kata kepolisian London sebagai tanggapan atas rilis situs investigasi itu. Awal September lalu, polisi Inggris merilis foto orang yang diidentifikasi sebagai Alexander Petrov yang terekam CCTV di bandara Gatwick, Inggris, 2 Maret 2018. (foto artikel)

Persetujuan dari otoritas tertinggi

Kedua pria yang dituduh otoritas Inggris melakukan serangan itu membantah tuduhan tersebut. Kepada televisi Rusia mereka mengatakan, mereka memang berkunjung ke Salisbury sebagai turis untuk melihat katedralnya. Mereka mengatakan bekerja di bisnis suplemen nutrisi.

Tetapi Inggris mengatakan, kedua agen intelijen militer itu bertindak atas persetujuan dari otoritas tertinggi di Rusia. Moskow menolak tuduhan itu.

Situs investigasi Bellingcat mengatakan, Alexander Mishkin lahir Juli 1979 di desa Loyga di distrik Arkhangelsk di Rusia utara. Sampai September 2014 dia menggunakan alamat markas GRU sebagai alamat rumahnya.

"Proses identifikasi Bellingcat menggunakan beberapa sumber terbuka, kesaksian dari orang-orang yang akrab dengan orang tersebut, serta salinan dokumen identifikasi pribadi, termasuk salinan pindaian paspornya," kata Bellingcat.

Selanjutnya Bellingcat mengatakan, Mishkin membuat beberapa perjalanan ke Ukraina. Situs berita investigasi itu menulis, mereka akan memberikan bukti-bukti forensik dan informasi lebih lanjut tentang bagaimana mereka berhasil mengidentifikasi Mishkin. Bellingcat menyatakan bekerja dengan beberapa kelompok investigasu di Rusia untuk mendapat informasi yang akurat.

hp/rn (rtr, afp, ap)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up