JawaPos Radar

Kabur dari Lapas Saat Gempa, Ratusan Napi Melapor Kembali

09/10/2018, 17:34 WIB | Editor: Budi Warsito
Kabur dari Lapas Saat Gempa, Ratusan Napi Melapor Kembali
Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM, Sri Puguh Budi Utami. (Boni Bani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Narapidana (Napi) yang sebelumnya kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sesaat setelah bencana di Sulawesi Tengah (Sulteng) mulai kembali. Hingga saat ini, 300 orang napi yang sudah kembali melapor. Hal itu, disampaikan oleh Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM, Sri Puguh Budi Utami, dalam kunjungan kerjanya, Selasa (9/10) di Batam.

Selain napi yang telah melaporkan diri, Utami mengaku pihaknya terus berbenah guna memenuhi kebutuhan para napi yang telah kembali dan bersiap menjemput kembali mereka yang masih belum kembali.

Saat ini pengelola Lapas masih mengupayakan teralirinya listrik, air, dan bahan makanan untuk kebutuhan napi. "Alhamdulilah sudah ada yang kembali, kita pastikan dulu kebutuhan untuk napi bisa terpenuhi," kata Utami ketika ditemui di Lapas Kelas II A Batam.

Utami menjelaskan, masih ada 1.090 napi yang masih belum kembali melapor. Kesemuanya akan diupayakan kembali setelah semua kebutuhan mereka di Lapas bisa dijamin akan terpenuhi. Sementara itu, fokus saat ini pada perbaikan Lapas yang terdampak bencana.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa penghuni Lapas menghilang saat bencana gempa bumi dan tsunami menghantam Donggala, Sigli dan Palu di Sulteng. Para napi ini, melarikan diri karena bangunan Lapas yang terdampak bencana ini mengalami kerusakan cukup berat

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up