JawaPos Radar

Pasar Darurat Klewer

Pemkot Solo Minta Keraton Tidak Naikkan Sewa Lahan Alun-alun

09/10/2018, 18:30 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pasar Klewer
ILUSTRASI: Pemkot Solo meminta pihak Keraton Kasunanan Surakarta untuk tidak menaikkan harga sewa Alun-alun Utara (Alut) yang saat ini digunakan untuk pasar darurat Klewer. (Damianus Bram/Radar Solo/Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com - Pemkot Solo meminta pihak Keraton Kasunanan Surakarta untuk tidak menaikkan harga sewa Alun-alun Utara (Alut) yang saat ini digunakan untuk pasar darurat Klewer. Pemkot sudah mengajukan permohonan agar harga sewa masih sama seperti tahun lalu yakni Rp 2,5 miliar.

Akan tetapi, permohonan tersebut sampai saat ini belum mendapatkan balasan dari pihak keraton. Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Subagiyo memastikan, Pemkot Solo akan memperpanjang sewa lahan Alut untuk pasar darurat Klewer.

Hal ini dilakukan lantaran pedagang di Pasar Klewer timur belum bisa kembali ke pasar karena belum ada pembangunan. "Kami akan memperpanjang setahun lagi sewanya, dan mengenai harganya kami minta agar tidak dinaikkan," kata Subagiyo kepada JawaPos.com, Selasa (9/10). 

Meski belum mendapatkan jawaban dari pihak Keraton, Subagiyo meyakini bahwa Raja Keraton Surakarta, Sinuhun Hangabehi bersedia untuk tidak menaikkan harga sewa. Menurutnya, selama ini pihak Keraton tidak meminta harga sewa tinggi apalagi mengingat Sinuhun Hangabehi juga ingin membantu Pemkot Solo untuk menempatkan para pedagangnya. 

"Kalau Sinuhun itu ingin membantu, jadi tidak ada persoalan harga masih tetap sama. Tapi belum ada balasannya," katanya.

Subagiyo berharap, pihak Keraton secepatnya memberikan jawaban terkait permohonan itu. Mengingat, masa kontrak lahan Alut akan habis pada bulan ini. Sementara, Pemkot juga tidak mempunyai lokasi alternatif lain untuk memindahkan para pedagang pasar Klewer timur tersebut. "Ya harapan kami bulan ini bisa diputuskan, kami tidak memiliki lokasi lain," tandasnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up