JawaPos Radar

Cium Kedekatan Anies dan Ratna, Bestari: Bisa Jadi Bahan Temuan BPK

09/10/2018, 17:19 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Cium Kedekatan Anies dan Ratna, Bestari: Bisa Jadi Bahan Temuan BPK
Politisi Nasdem Bestari Barus cium adanya kedekatan antara Ratna Sarumpaet dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Dok. Humas Ditjen Imigrasi)
Share this image

JawaPos.com - Kontroversi anggaran Pemprov DKI Jakarta yang diberikan kepada tersangka Ratna Sarumpaet masih memanas. Terlebih, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta menyatakan Ratna pergi ke Chili atas nama pribadi.

Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Bestari Barus menyatakan, dirinya mencium adanya kedekatan Ratna dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sebab, terlihat adanya kemudahan Anies memberikan dana perjalanan puluhan juta kepada Ratna.

"Gubernur harus hati-hati memberikan itu, bukan karena kedekatan ya. Kalau kedekatan kan kesannya gimana gitu kan, tapi biar nanti jadi bahan BPK. Apakah sudah menyalahi dengan menghamburkan uang rakyat DKI dengan tujuan nggak jelas atau bagaimana," tutur Bestari saat dihubungi, Selasa (9/10).

Cium Kedekatan Anies dan Ratna, Bestari: Bisa Jadi Bahan Temuan BPK
Infografis kasus kebohongan Ratna Sarumpaet. (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

Lebih jauh, Bestari pun mengakui hal-hal tersebut dapat menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), apabila menyalahi wewenang sebagai gubernur maka Bestari mendorong hal ini perlu diselidiki lebih dalam.

"Begini, kalau dia (Ratna) datang ke sebuah seminar hanya untuk mendengarkan, itu nggak boleh difasilitasi, nggak ada kepentingan Jakarta di situ," jelasnya.

Seperti diketahui, Ratna Sarumpaet diberikan dana oleh Pemprov DKI sebesar Rp 70.764.041 untuk menghadiri The 11th Women Playwrights International Conference 2018 di Chili. Tetapi Ratna tak jadi berangkat karena dirinya dicekal di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (4/10) lalu.

Terdapat beberapa foto yang viral terkait tersangka Ratna Sarumpaet yang ternyata namanya tidak tercantum lagi pada daftar Senior Advisor Women Playwrights International Conference (WPIC) 2018. Konferensi ini telah berjalan sejak 7 Oktober di Santiago, Chili.

(ce1/rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up