JawaPos Radar

Senyum Kecil, Begini Respons Anies Soal Harga Makanan di Jakarta Mahal

09/10/2018, 15:22 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Senyum Kecil, Begini Respons Anies Soal Harga Makanan di Jakarta Mahal
Gubernur DKI Anies Baswedan. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Harga pangan di Ibu Kota Jakarta memang sempat naik beberapa akhir ini. Banyak masyarakat kalangan menengah ke bawah yang seringkali keberatan atas harga yang terus mencekik.

Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno dalam kunjungannya ke kantor Jawa Pos mengatakan, harga bahan makanan di Indonesia lebih mahal dengan negara Asia Tenggara lainnya. Hal ini karena panjangnya rantai distribusi yang menjadi kendala sejak lama.

“Bahan makanan di Indonesia lebih mahal dibandingkan di negara (ASEAN) lain. Sepiring makan siang di Jakarta lebih mahal dari sepiring makan siang dengan kualitas yang sama di Singapura, Thailand juga sama,” kata Sandi di kantor Jawa Pos, Jakarta, Kamis (4/10).

Ketika JawaPos.com meminta respons Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atas pernyataan Sandi, dia hanya kebingungan dan sempat diam. Anies pun menjawab dengan tersenyum dan meminta Sandiaga saja yang mengklarifikasi pertanyaan tersebut.

"Aduh nggak tahu deh, tanya Pak Sandi aja kalau gitu," tutur Anies dengan senyuman.

Sebelumnya, Sandi mencontohkan, sepiring nasi dengan lauk ayam di Singapura hanya dihargai sekitar Rp 35 ribu. Itu lebih murah dibandingkan di Indonesia yang bisa mencapai Rp 50 ribu.

"Kalau misal di Singapura sepiring chicken rice itu SGD 3-3,5 atau Rp 35 ribu. Di sini mungkin bisa Rp 50 ribu," ungkap Sandi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (8/10).

Sandi menilai situasi ini layak dipertanyakan dan harus diperbaiki. "Nah, ini ada yang perlu diperbaiki, ada satu hal yang perlu kita perbaiki dari sisi harga bahan pokok kita," imbuhnya.

(ce1/rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up