JawaPos Radar

Geledah Kantor BPKAD, Tim KPK Keluar Bawa Koper

09/10/2018, 15:08 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Kantor BPKAD Kabupaten Malang
DIGELEDAH: Sejumlah ruangan di BPKAD digeledah KPK. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mengubek-ubek kantor di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Salah satunya menggeledah Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Selasa (9/10). Beberapa ruangan tampak digeledah. Mulai dari ruang sekretaris hingga kantor kerja Kepala BPKAD Willem Petrus Salamena.

Sebanyak delapan petugas KPK datang dengan mengenakan masker. Mereka dikawal dua personel polisi yang membawa senjata laras panjang. Personel KPK datang menggunakan mini bus warna putih.

Di Kantor BPAKD, tim KPK langsung memasuki ruang kerja Willem Petrus Salamena di bilik 130-131. Korden warna biru laut yang menutupi kaca ruangan langsung ditutup. Fokus pemeriksaan dan penggeledahan memang di ruang 130-131.

Wartawan menunggu beberapa lama di depan ruangan yang digeledah KPK. Beberapa saat kemudian, tim keluar dengan membawa koper besar berwarna merah. Selain itu, beberapa personel juga tampak membawa setumpuk kertas.

Usai menggeledah ruangan di BPKAD, KPK bergerak ke gedung Balitbang. Kebetulan lokasinya berdekatan dan masih satu kompleks di Pendopo Agung, Kota Malang.

Sementara itu, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan bahwa penggeledahan di Kabupaten Malang merupakan pengembangan. "Tapi bukan untuk pemeriksaan. Melainkan kegiatan pengembangan perkara yang sedang dilakukan di sana (Malang)," kata Febri.

Diduga, penggeledahan yang dilakukan KPK berkaitan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pendidikan Kabupaten Malang tahun anggaran 2011. Penggunaan DAK itu disinyalir ada penyelewengan.

Bahkan, Bupati Malang Rendra Kresna mengakui dirinya ditetapkan sebagai tersangka. "Saya disangkakan menerima gratifikasi dari rekanan terkait dengan DAK tahun 2011," kata Rendra ditemui usai pimpin rapat di Pendopo Agung, Kota Malang.

(tik/JPC)

Alur Cerita Berita

Bupati Malang Dinilai Ksatria 09/10/2018, 15:08 WIB
Bupati Malang Mengaku Jadi Tersangka 09/10/2018, 15:08 WIB
KPK Geledah Pendopo Kabupaten Malang 09/10/2018, 15:08 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up