JawaPos Radar

Asian Para Games 2018

Kasus Miftahul Jannah, DPR: INAPGOC dan Menpora Sebaiknya Minta Maaf

09/10/2018, 14:58 WIB | Editor: Banu Adikara
Asian Para Games 2018, INAPGOC, Kemenpora, Indonesia, Miftahul Jannah, judo
Atlet para judo putri Indonesia Miftahul Jannah (kanan) bersama Menpora Imam Nahrawi (Isa Bustomi/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Atlet para judo putri kelas 52 kilogram Indonesia Miftahul Jannah terpaksa didiskualifikasi dari pertandingan judo tuna netra Asian Para Games 2018 lantaran menolak melepas jilbabnya. Anggota Komisi X DPR RI Nizar Zahro berpendapat bahwa permasalahan ini terjadi lantaran Menpora dan Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) tidak mensosialisasikan persoalan ini dengan baik.

Nizar menuturkan, semestinya aturan tersebut sudah disampaikan kepada seluruh atlet judo. "Kasus yang menimpa Miftahul Jannah menunjukkan INAPGOC tidak profesional. Mestinya aturan pelarangan berjilbab disosialisasikan jauh-jauh hari," ujar Nizar kepada wartawan, Selasa (9/10).

Nizar juga meminta INAPGOC dan Menpora Imam Nahrawi untuk meminta maaf kepada masyarakat Indonesia terutama ke Miftahul. Politikus Partai Gerindra ini bilang, persoalan ini tak akan terjadi jika penyelenggara bersikap profesional.

"Agar tidak melebar ke persoalan agama, sebaiknya Menpora dan INAPGOC meminta maaf. Saya yakin kalau aturan tersebut disosialisasikan jauh-jauh hari, kasus Miftahul tidak perlu terjadi," jelasnya.

Untuk diketahui, Miftahul didiskualifikasi dalam pertandingan melawan atlet Mongolia Oyun Gantulga di babak 16 besar putri. Belakangan, baru diketahui bahwa larangan memakai jilbab dalam pertandingan para judo sudah diatur oleh Federasi Olahraga Tuna Netra Internasional (IBSA) sejak tahun 2012.

Aturan tersebut dibuat demi keselamatan atlet yang bertanding. Dikhawatirkan, jilbab yang digunakan bisa mencekik penggunanya di tengah pertandingan apabila lawan melakukan manuver tertentu di sekitar leher.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up