JawaPos Radar

Gubernur BI, Ini Tiga Manfaat Pembiayaan Infrastruktur Dengan Swasta

09/10/2018, 14:49 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Gubernur BI, Ini Tiga Manfaat Pembiayaan Infrastruktur Dengan Swasta
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memaparkan manfaat pembiayaan infrastruktur bekerjasama dengan swasta. (Hana Adi Perdana / JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memaparkan manfaat pembiayaan infrastruktur bekerjasama dengan swasta.

Manfaat yang Pertama, mempercepat pembangunan infrastruktur. Di antaranya airportseaport, dan tol laut. Hal tersebut akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi jangka menengah-panjang.

"Suatu studi menunjukkan infrastruktur ini bisa mendorong kapasitas pertumbuhan ekonomi kita agar bisa 6,5 persen," ujarnya di Bali, Selasa (9/10).

Kedua, lanjut Perry, manfaat dari infrastruktur dan pembiayaan oleh swasta akan mendorong perbaikan neraca defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD). Sebab, kebutuhan akan komponen impor tidak lagi dibiayai oleh dalam negeri, sehingga tidak mempengaruhi cadangan devisa.

"Karena infrastruktur dikembangkan dan pembiayaan swasta baik dari PMA langsung maupun sekuritas itu kan ada pemasukan modal asing masuk. Ini bagian langkah nyata untuk menurunkan CAD sekaligus mendorong ekonomi dalam jangka menengah panjang," tuturnya.

Ketiga, memperluas kesempatan investor domestik maupun asing untuk berpartisipasi dalam pembiayaan infrastruktur.

Mengingat pentingnya peran swasta dalam pembangunan infrastruktur, otoritas terkait perlu mendorong minat investor swasta. Caranya dengan mengupayakan agar sekuritas, obligasi, saham, dan instrumen lainnya menarik dari sisi komersial.

"Itu memberikan kesempatan ke Investor untuk berpartisipasi dalam pembiayaan infrastruktur. Seumpama Reksadana bisa menjadi ritel," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up