JawaPos Radar

DPRD DKI Minta Dana Perjalanan Sarumpaet ke Chili Dikembalikan Semua

09/10/2018, 14:49 WIB | Editor: Erna Martiyanti
DPRD DKI Minta Dana Perjalanan Sarumpaet ke Chili Dikembalikan Semua
DPRD DKI Jakarta meminta dana perjalanan Ratna Sarumpaet ke Chili dikembalikan semua. (Dok. Humas Ditjen Imigrasi)
Share this image

JawaPos.com - Banyak pihak telah menyatakan bahwa dana perjalanan yang digunakan Ratna Sarumpaet harus dikembalikan kepada Pemprov DKI Jakarta. Pasalnya, Ratna tidak jadi pergi karena dicekal dan ditahan pihak kepolisian atas kasus yang menjeratnya.

Seperti yang disampaikan Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus. Ia meminta pihak Ratna harus mengembalikan dana perjalanan yang telah dibayarkan baik itu untuk hotel, akomodasi transportasi dan yang saku.

"Dikembalikan dong, kecuali dia mengalami kecelakaan dalam perjalanannya," tutur Bestari saat dihubungi, Selasa (9/10).

DPRD DKI Minta Dana Perjalanan Sarumpaet ke Chili Dikembalikan Semua
Infografis kasus kebohongan Ratna Sarumpaet. (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

Bestari mendesak karena kepergian Ratna yang seharusnya menghadiri konferensi Internasional di Chili tidak jadi. Karena, kepolisian justru menjemputnya dan menetapkannya sebagai tersangka atas kasus penyebaran berita bohong atau hoax yang dibuatnya.

Maka dari itu, Bestari meminta jangan ada pilih kasih tentang pengembalian uang. Pasalnya, saat dirinya dan para anggota DPRD DKI Jakarta memakai anggaran mereka pun harus mengembalikan dengan uang pribadi jika tidak jadi berangkat.

"Kami saja kalau kunjungan kerja sudah dibelikan tiket tetapi nggak jadi berangkat, ya kami ganti 100 persen," tegas Bestari.

Jikalau memang tidak ada itikad baik dari Ratna tidak mengembalikan uang Pemprov DKI, maka Bestari menyerahkan semuanya pada ketentuan yang ada. "Aturan hukumnya jelas kok," imbuhnya.

Untuk diketahui, besaran uang sponsor yang diterima Ratna untuk tiket pesawat dibelanjakan Rp 50.380.000, uang harian sebesar Rp 19.457456, dan biaya asuransi perjalanan sebesar Rp 526.885.

Namun dari jumlah tersebut, pihak Ratna Sarumapet hanya akan mengembalikan sebesar Rp 10 juta. Karena sebagian dana sudah dibayarkan untuk pembelian tiket dan hotel.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up