JawaPos Radar

Asian Para Games 2018

Dapat Medali Berkat Jambul Merah

09/10/2018, 14:39 WIB | Editor: Banu Adikara
Asian Para Games 2018, INAPGOC, Kemenpora, Indonesia, Rizal Bagus Saktiyono
Atlet para atletik nomor lari 200 meter Rizal Bagus Saktiyono meraih medali perak di Asian Para Games 2018 (Bintang Rahmat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Berbagai cara dilakukan oleh atlet penyandang disabilitas Indonesia untuk meningkatkan motivasi dalam pertandingan. Cara yang cukup unik dilakukan oleh atlet para atletik nomor lari 200 meter kategori T45/46/47, Rizal Bagus Saktiyono. Untuk menambah kepercayaan dirinya, dia rela mengecat jambul rambutnya menjadi merah.

"Biar makin percaya diri. Merah menandakan berani. Artinya hidup atau mati," ucapnya dengan nada bangga seusai pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (9/10).

Terbukti usaha yang dilakukannya tidak sia-sia. Dia mampu meraih medali perak dalam ajang Asian Para Games 2018. Meski tidak meraih emas, pencapaiannya layak diacungi jempol mengingat ia merupakan atlet baru Tanah Air.

Tidak hanya itu saja, Rizal juga mampu memecahkan catatan rekor pribadinya. Pada test event jelang Asian Para Games 2018, Rizal berhasil finis dengan waktu 22.55 detik. Hasil ini lalu diperbaiki di Asian Para Games 2018 menjadi 22.36 detik.

"Saya sudah berjanji, jika saya diberi rezeki (dapat medali, Red), saya akan gunakan untuk orang yang membutuhkan. Terutama untuk orangtua dan keluarga. Jadi saya tidak akan menggunakan untuk sesuatu yang tidak berguna. Saya sudah pernah merasakan jadi orang susah," tutupnya.

Sebagai info, dalam pertandingan itu medali emas berhasil diraih oleh atlet asal Cina, Wang Hao dengan catatan waktu 21.71 detik. Sementara medali perunggu diraih oleh wakil asal Iran, Ojaghlou Ahmad dengan total waktu 22.53 detik.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up