JawaPos Radar

File Pengguna Hilang, Rilis Windows 10 Oktober Update Ditunda

09/10/2018, 14:38 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Windows 10, Windows 10 update, Windows 10 Oktober Update
Tampilan Windows 10. (LifeWire)
Share this image

JawaPos.com - Beberapa hari lalu, Microsoft mengumumkan adanya pembaruan Windows 10 mayor keenam pada Oktober 2018 ini. Namun, sebuah insiden memaksa Microsoft menunda peluncuran pembaruan sistem operasinya itu.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman GSMArena, Selasa (9/10), kabar terbaru menyebut bahwa vendor teknologi yang bermarkas di Redmond, Washington, Amerika Serikat (AS), itu memiliki masalah yang berimbas hilangnya data pengguna yang diberi kesempatan menjajal pembaruan tersebut.

Masalah ini dilaporkan oleh sejumlah pengguna awal dan dikonfirmasi Microsoft. Ini melibatkan files pengguna yang hilang setelah proses pembaruan tersebut terjadi. “Kami telah menghentikan peluncuran Pembaruan Windows 10 Oktober 2018 (versi 1809) untuk semua pengguna saat kami menyelidiki laporan terpisah dari pengguna yang kehilangan beberapa file setelah memperbarui,” ujar pernyataan resmi Microsoft.

Jika peluang kehilangan data cukup kecil, apa yang dilakukan Microsoft soal penundaan perilisan pembaruan Windows 10 agaknya tepat. Sebab, tidak ada tempat untuk mempertaruhkan pengguna jika Microsoft memaksakan hal tersebut. Apalagi dengan basis pengguna Microsoft yang luas, sebanyak 0,1% persen kejadian hilangnya file pengguna sudah cukup mewakili ribuan mesin yang berpotensi terpengaruh.

Selain itu, yang paling disayangkan adalah masalah tersebut sebenarnya dapat diantisipasi oleh Microsoft. Sebab sejumlah pengguna versi beta alias Windows Insiders yang sudah mencoba Windows 10 Oktober update pernah memperingatkan masalah ini sejak beberapa bulan lalu. Namun perusahaan ternyata tidak menindaklanjuti temuan tersebut hingga masalah ini terjadi.

Bukan kali pertama pembaruan operating system Windows menemui masalah. Sebelumnya, pada pembaruan Januari, PC yang menggunakan AMD tidak dapat masuk ke dalam Windows 10. Selanjutnya, pembaruan April update juga menyebabkan perangkat berada dalam kondisi Blue Screen.

Hingga berita ini dibuat, pihak Microsoft selain menghentikan rencana perilisan, mereka belum angkat bicara terkait penyebab masalah dalam pembaruan tersebut. Pun dengan rencana selanjutnya soal Windows Oktober Update.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up