JawaPos Radar

Kembangkan B100, Indonesia Mencontoh Raksasa Migas Italia

09/10/2018, 13:35 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Kembangkan B100, Indonesia Mencontoh Raksasa Migas Italia
ENI S.p.A, perusahaan asal Italia yang bergerak di bidang eksplorasi minyak dan gas bumi. (Tehran Times)
Share this image

JawaPos.com - ENI S.p.A, perusahaan asal Italia yang bergerak di bidang eksplorasi minyak dan gas bumi (menjadi) menjadi percontohan Indonesia dalam mengembangkan Biodiesel 100 persen (B100). 

Hal itu diungkapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno di Conrad Hotel, Tanjung Benoa, Bali, Selasa (8/10).

"Ada dua (kilang) saya lihat di Italia yang dioperasikan ENI. Refinery-nya tadinya untuk crude oil, cukup tua karena dibangun 1935 dan akhirnya mereka konversi di 2012, dan mulai 2015 mereka sudah memproduksi B100 dengan kelapa sawit yang dibeli di Indonesia," ujarnya.

Keseriusan itu kemudian ditindaklanjuti Rini yang bekerjasama dengan Eni untuk menggarap kilang untuk memproduksi B100. Adapun dua kilang tua itu ada di Plaju, Palembang dan Dumai, Riau.

"Plaju dan Dumai yang itu sudah dibangun sejak 1930an. Karena kita melihat untuk memikirkan memperbaiki kilang itu untuk lebih modern. Setelah mengetahui bisa jadi B100 dua tempat ini kita konvensi dengan minyak kelapa sawit," jelas dia.

Oleh karena itu, dia berharap nantinya penggunaan B100 dapat semakin mengurangi kebutuhan impor minyak Indonesia. Di sisi lain, neraca transaksi berjalan juga bisa semakin baik.

"Ini tentunya akan menurunkan kebutuhan kita untuk import. Jadi kita nanti bisa menawarkan B100. Itu sudah proven dan di italy sudah terbukti," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up