JawaPos Radar

Mendag Filipina Tegaskan Duterte Tidak Mengidap Kanker

09/10/2018, 15:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
duterte, duterte sakit, kanker, filipina,
Menteri Dalam Negeri Filipina Eduardo Ano mengatakan, Presiden Filipina Rodrigo Duterte tidak menderita kanker pada Selasa (9/10). Hal ini dikatakan setelah Duterte menjalani tes di rumah sakit (Macau Business)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Dalam Negeri Filipina Eduardo Ano mengatakan, Presiden Filipina Rodrigo Duterte tidak menderita kanker pada Selasa (9/10). Hal ini dikatakan setelah Duterte menjalani tes di rumah sakit.

Sebelumnya, publik telah meminta penjelasan informasi tentang kesehatan Duterte. Sebab, pemimpin 73 tahun itu tak terlihat hadir dalam dua acara penting di Filipina.

"Dia mengungkapkan kepada kami bahwa hasil tes itu negatif, mereka mengambil sampel dari ususnya," kata Eduardo Ano kepada wartawan dalam acara yang diposting di Facebook langsung oleh kantor berita lokal, dilansir dari SCMP, Selasa, (9/10).

duterte, duterte sakit, kanker, filipina,
Sebelumnya, publik telah meminta penjelasan informasi tentang kesehatan Duterte. Sebab, pemimpin 73 tahun itu tak terlihat hadir dalam dua acara penting di Filipina (Today Online)

Ano mengatakan Duterte membuat pengungkapan selama pertemuan kabinet pada Senin, (8/10), malam. Pertemuan itu seharusnya terjadi Rabu pekan lalu, tetapi Duterte melakukan kunjungan tak terjadwal ke rumah sakit ketika dokter memintanya untuk mengulang prosedur pencernaannya tiga minggu setelah tes serupa.

Di bawah konstitusi Filipina, publik harus dibuat mengetahui akan kondisi kesehatan seorang presiden. Jika pemimpin meninggal di kantor, cacat permanen atau dipecat, wakil presiden menggantikan dan melayani sisa tahunnya.

Wakil Presiden Leni Robredo, seorang pemimpin oposisi politik, dipilih secara terpisah pada tahun 2016 dan dapat memicu ketidakpastian dalam proses suksesi mengingat iklim politik yang sangat terpolarisasi.

Kesehatan Duterte memicu berbagai spekulasi setelah dia menghilang dari pandangan publik selama seminggu yang lalu, tetapi para asistennya menolak rumor tentang kondisi kesehatannya yang buruk.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up