JawaPos Radar

Pecahkan Rekor Muri, 7.000 Warga Jabar Kenakan Batik

09/10/2018, 13:08 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Pecahkan Rekor Muri, 7.000 Warga Jabar Kenakan Batik
7.000 warga Jawa Barat mengenakan pakaikan batik pecahkan rekor muri, Selasa (9/10). (Siti Fatonah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - DPD Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Jawa Barat memecahkan Rekor Muri Indonesia melalui acara semarak berbusana batik terbanyak. Sekitar 7.000 perempuan berbusana batik nusantara berkumpul di Halaman Gedung Sate, Selasa (9/10).

Ketua Dekranasda Jabar Atalia Ridwan Kamil mengatakan, bangga bisa memecahkan Rekor Muri tersebut. Pasalnya Jawa Barat memiliki potensi yang sangat luar biasa khususnya untuk koleksi batik.

"Kami bangga sebagai warga Jawa Barat karena kami memiliki potensi luar biasa khususnya batik, ini menjadi salah satu cara kami untuk belajar mencintai budaya sendiri," kata Atalia di Gedung Sate Bandung, Selasa (9/10).

Pecahkan Rekor Muri, 7.000 Warga Jabar Kenakan Batik
7.000 warga Jawa Barat mengenakan pakaikan batik pecahkan rekor muri, Selasa (9/10). (Siti Fatonah/JawaPos.com)

Menurutnya agenda tersebut sebagai bentuk kecintaan masyarakat Jabar terhadap budaya. Karena budaya terkhusus batik ini harus dilestarikan dan diperkenalkan di seluruh dunia. Agara tidak diklaim negara lain.

"Kami tidak rela budaya kami diambil oleh orang lain. Sekarang dan mulai dari diri kita sendiri harus bangga. Ini bentuk rasa cinta kita terhadap batik terutama ini sudah menjadi warisan budaya dunia ini kami sebarluaskan," jelasnya.

Ibu Cinta sapaanya berharap yang dilakukannya bersama para Perwira sebagai bentuk inovasi kreativitas masyarakat Jabar. Maka harus diapresiasi dan diharapkan bisa menumbuhkan cinta kepada budaya bangsa sendiri.

Menurutnya 27 Kabupaten Kota di Jabar memiliki potensi dan keunikan. Dengan berbagai motif batik, maka kreativitas ini harus didukung dan didorong oleh pemerintah daerah.

"Alhamdulillah utamanya adalah mereka yang sudah mulai mengembangkan kerajinan batik semenjak dulu seperti di Cirebon, Indramayu dan lain-lain. Mudah-mudah memberikan inspirasi yang lain," ujarnya.

Untuk diketahui, DPD Perwira menargetkan sebanyak 5.000 peserta mengenakan batik. Namun realitanya lebih dari 7.000 peserta berpartisipasi dalam pemecahan Rekor Muri semarak berbusa batik di halaman Gedung Sate dalam rangka Hari Batik Nasional.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up