JawaPos Radar

Dari Rp 70 Juta, Ratna Sarumpaet Hanya Bisa Kembalikan Rp 10 Juta

09/10/2018, 12:32 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Dari Rp 70 Juta, Ratna Sarumpaet Hanya Bisa Kembalikan Rp 10 Juta
Ratna Sarumpaet hanya bisa mengembalikan Rp 10 juta dari total Rp 70 juta atas dana yang diterimanya dari Pemprov DKI Jakarta untuk perjalanan ke Chili. (Dok. Humas Ditjen Imigrasi)
Share this image

JawaPos.com - Pengusutan dana Pemprov DKI Jakarta yang diberikan kepada aktivis Ratna Sarumpaet menemui titik temu. Ratna diketahui mendapatkan sekitar Rp 70 juta untuk dana perjalanannya ke acara The 11th Women Playwrights International Conference 2018 di Chili.

Kepala Seksi Promosi Luar Negeri Disparbud DKI Jakarta Sherly Yuliana menyampaikan, uang yang dapat dikembalikan hanyalah sebesar Rp 10.107.156. Hal itu dikarenakan beberapa hal teknis.

Untuk diketahui, besaran uang sponsor yang diterima Ratna untuk tiket pesawat dibelanjakan Rp 50.380.000, uang harian sebesar Rp 19.457456, dan biaya asuransi perjalanan sebesar Rp 526.885.

Dari Rp 70 Juta, Ratna Sarumpaet Hanya Bisa Kembalikan Rp 10 Juta
Infografis kasus kebohongan Ratna Sarumpaet. (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

"Jadi setelah dihitung totalnya Rp 70.764.041, jadi mesti dikembalikan sudah disampaikan ke staf Bu Ratna," tutur Sherly saat dikonfirmasi, Selasa (9/10).

Namun setelah melakukan koordinasi, Sherly menyatakan ternyata ada uang yang tidak dapat dikembalikan. Seperti tiket pesawat tidak bisa dikembalikan karena harga tiket termurah, jadi tiket senilai Rp 50.380.000 lenyap begitu saja.

"Dalam hal ini tiket Bu Ratna tidak dapat di-refund baik pergi maupun pulang. Karena itu harga promo dengan harga terendah, bukan tiket promo flat atau ekonomi fleksi," tuturnya.

Selain itu, dana untuk pemesanan hotel terhitung 6-8 Oktober malam, koordinasi yang dijalin Sherly dengan biro jasa perjalanan Amora Tour, dikatakan uang tidak dapat dikembalikan. Sebab, Ratna telah membayarkannya secara full sebesar Rp 9.750.000.

"Bu Ratna sudah transfer berarti sudah dianggap tidak bisa kembali hangus juga. Jadi sisa yang harus dikembalikan hanya sekitar Rp 10 juta sekian," ujarnya.

Seperti diketahui perjalanan Ratna Sarumpaet ke Chili mendapat sponsor dari Pemprov DKI Jakarta. Namun Ratna batal menghadiri acara konferensi itu lantaran ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya atas kasus berita bohong atau hoax yang dibuatnya.

(ce1/rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up