JawaPos Radar

Liga 1 2018

Tanpa Bobotoh di Stadion, Persib: Di Mana pun Mereka Selalu Mendukung

09/10/2018, 11:55 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Persib Bandung, Liga 1 2018, Madura United, Stadion Batakan, Bobotoh
Persib Bandung bertanding melawan Madura United tanpa dukungan Bobotoh. Namun, Persib yakin di mana pun Bobotoh berada, mereka selalu memberikan dukungan (Persib.co.id)
Share this image

JawaPos.com - Persib Bandung memang bertindak sebagai tuan rumah saat menghadapi Madura United, Selasa (9/10) malam WIB. Namun, imbas dari sanksi Komdis PSSI, mereka berkandang di luar Pulau Jawa dan tanpa Bobotoh di dalam Stadion. Terkait hal itu, Persib mengaku tak terlalu mengambil pusing karena Bobotoh selalu mendukung di mana pun mereka berada.

Memang, kehadiran Bobotoh bisa jadi salah satu pemicu maksimalnya permainan anak asuh Roberto Carlos Mario Gomez selama ini. Tengok saja catatan impresif Maung Bandung kala berlaga di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Dari 11 laga di GBLA, Persib tampil superior dengan menyabet sembilan kemenangan, sekali seri dan sekali kalah.

Hanya Bhayangkara FC dan PS Tira yang mampu membawa pulang poin dari GBLA. Bhayangkara FC mampu menang 1-0, sedangkan PS Tira dapat menahan Persib 1-1 pada laga pembuka Liga 1 2018.

Kemenangan yang dipetik di GBLA juga dibarengi dengan produktivitas gol tinggi. Tercatat, 29 gol mampu diceploskan ke gawang lawan dalam 11 pertandingan di GBLA.

Terkait hal itu, pelatih kiper Persib, Anwar Sanusi menilai timnya cukup dirugikan. Kendati demikian, Anwar yakin meski tak mendapat dukungan Bobotoh di dalam stadion, pemain tetap akan tampil penuh motivasi mengamankan tiga poin. Anwar menyebut di mana pun Bobotoh berada, akan selalu memberikan dukungan.

"Kalau soal Bobotoh tentu saja berpengaruh. Selama ini dukungan mereka di dalam stadion memang sangat terasa bagi pemain. Memang Bobotoh tidak hadir di dalam stadion, tapi secara emosional mereka selalu memberi dukungan. Kemarin waktu kami tiba di bandara mereka juga menyambut, ini jadi suntikan motivasi bagi kami," beber Anwar.

Meski menargetkan tiga poin, Anwar tetap respek terhadap Laskar Sapeh Kerrab - julukan Madura United. Menurut dia, skuaa asuhan Gomes de Oliveira punya kualitas yang sangat bagus. "Mereka konsisten berada di papan atas, mereka juga punya ambisi jadi juara," ungkapnya.

Saat ini Greg Nwokolo cs berada di peringkat enam dengan koleksi 36 poin, terpaut delapan poin dari Persib. Selain itu, Persib patut waspada, pasalnya pada pertemuan pertama, Madura United sukses meraih kemenangan 2-1.

Persib sendiri punya catatan cukup apik ketika bertanding di Batakan. Dua kali bertanding di stadion dengan kapasitas 46 ribu penonton, Persib tak pernah kalah. Musim lalu, Persib sukses menahan imbang Persiba Balikpapan dengan skor 2-2 di Liga 1 2017. Di Liga 1 musim ini, Persib mampu menang 1-0 melawan Borneo FC.

(jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up