JawaPos Radar

Rini Tawarkan Investasi Indonesia ke Seluruh Penjuru Dunia

09/10/2018, 11:18 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Rini Tawarkan Investasi Indonesia ke Seluruh Penjuru Dunia
Saat ini Indonesia memiliki 143 BUMN yang mencakup 13 sektor ekonomi (Hana Adi Perdana / JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Rangkaian acara Pertemuan Tahunan Internasional Monetary Fund (IMF) World Bank 2018 telah dimulai kemarin (8/10). Dalam kesempatan itu, pemerintah mengambil kesempatan untuk mengajak investor di seluruh penjuru dunia agar menanamkan modal ke Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengungkapkan, momentum itu bisa dimanfaatkan seiring terjadinya pelemahan nilai tukar. Menurutnya, hal itu akan menguntungkan bagi investor lantaran biaya investasi menjadi lebih murah.

"Turunnya nilai tukar menjadi peluang karena investasi menjadi lebih menarik. Di Indonesia, bukan hanya menarik tetapi juga lebih mudah," ujarnya di Conrad Hotel, Tanjung Benoa, Bali, Selasa (9/10).

Dikatakannya, saat ini Indonesia memiliki 143 BUMN yang mencakup 13 sektor ekonomi, termasuk manufaktur, logistik, jasa keuangan, sains dan teknis jasa, konstruksi dan lainnya. Kontribusi BUMN juga telah mewakili sekitar 15 persen dari PDB Indonesia.

Ia menegaskan jika proyek yang ditawarkan pemerintah juga memberi jaminan dalam tingkat pengembalian yang menarik dan risiko yang bisa dikelola.

"Dalam upaya negara kami untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dari barat ke bagian timur Indonesia, BUMN akan terus berlanjut memainkan peran aktif, terutama dalam infrastruktur yang layak secara komersial proyek. Pemerintah sangat berkomitmen untuk memastikan hal itu proyek yang ditawarkan kepada investor memberikan tingkat pengembalian yang menarik dengan risiko yang dapat dikelola," jelas dia.

"Ada hampir 80 proyek senilai USD 42 miliar yang melibatkan 21 BUMN. Saya yakinkan kemitraan dengan BUMN adalah kemitraan yang baik," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up