JawaPos Radar

Rekonstruksi IAIN Palu, Kemenag Siapkan Anggaran Khusus

09/10/2018, 05:50 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Gempa Bumi
ILUSTRASI: PORAN-PORANDA: Kondisi Kecamatan Balaisang Tanjung, Kabupaten Donggala, Sulteng usai bencana gempa dan tsunami, Sabtu (6/10). (Sahrul Ramadhan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kementerian Agama (Kemenag) bakal menyiapkan anggaran khusus untuk melakukan rekonstruksi bangunan Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Hal itu dilakukan karena parahnya kerusakan akibat bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) lalu.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pihaknya akan mengeluarkan kebijakan khusus untuk IAIN Palu. "Karena (bangunan) ini hancur sama sekali, kami akan anggarkan khusus untuk IAIN Palu. Khususnya untuk anggaran 2019," ujarnya.

Sementara itu, terkait mahasiswa IAIN Palu, pihaknya juga akan melakukan dua hal. Pertama, membangun tenda-tenda darurat yang akan dijadikan tempat ruang kuliah baru. "Kedua, kami akan mengembangkan kuliah di IAIN-IAIN yang berdekatan dengan Palu, seperti IAIN Palopo," terangnya.

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan hal tersebut. Harapannya, para mahasiswa bisa segera kembali melanjutkan proses belajar mengajar.

Seperti diberitakan sebelumnya, gempa berkekuatan 7,7 skala Richter mengguncang wilayah Palu dan Donggala pada Jumat (28/9) petang. Gempa tersebut disusul dengan gelombang tsunami yang menerjang wilayah Palu.

Berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), setidaknya lebih dari 1000 orang menjadi korban bencana alam tersebut. Tidak hanya itu, bangunan seperti fasilitas pendidikan pun tak luput terkena dampak bencana alam itu.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up