JawaPos Radar

Jokowi Ajak Pengusaha Wanita Ekspor Produk ke Afrika

08/10/2018, 23:35 WIB | Editor: Budi Warsito
Jokowi Ajak Pengusaha Wanita Ekspor Produk ke Afrika
Leni, salah seorang anggota IWAPI asal Jawa Timur, menceritakan pasar ekspor produk spa untuk organ intim wanita kepada Presiden Joko Widodo saat pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) ke-28 di Hotel Grand Inna (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyambangi Ranah Minang. Didampingi Ibu Negara Iriana dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Jokowi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) ke-28 di Hotel Grand Inna Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (8/10).

Selain memuji emak-emak yang giat berusaha, Jokowi juga mengajak seluruh perempuan pengusaha di Indonesia untuk berani menjajal ekspor produk UMKM ke luar Negeri.

"Perempuan pengusaha banyak membuka celah lapangan pekerjaan baru. Tapi yang terpenting pasarnya. Jangan hanya kuat di pasar lokal, namun juga ekspor," kata Jokowi dihadapan sekitar 1.500 orang peserta Rakernas IWAPI.

Soal ekspor ini lanjut Jokowi, jangan selalu berfikir hanya Amerika, Eropa, atau Jepang semata. Ia tidak mau dengan telah menguasai hampir seluruh unit UKM di Indonesia, perempuan pengusaha takut dengan persaingan pasar luar negeri.

Jokowi meminta, perempuan pengusaha pintar mencari celah pasar luar negeri. "Jangan berfikir pasar ekspor hanya Eropa, Amerika dan Jepang. Masih banyak yang lain. Seperti Afrika dan lainnya. Perempuan pengusaha Indonesia tidak boleh takut dengan tantangan dan kompetisi dengan negara lain," tegas Jokowi.

Terkait pasar ekspor baru ini, Jokowi memuji salah seorang anggota IWAPI asal Bojonegoro, Jawa Timur. Pengusaha perempuan bernama Leni itu katanya, mengekspor produk spa untuk organ intim wanita.

"Saya kagum, sebab (Leni) memang memulai usaha dari bawah. Seperti cerita ibu tadi. Tenaga kerjanya juga dengan merangkul anak putus sekolah dan janda-janda," ungkap Jokowi.

Selain soal merintas dari bawah, kekaguman Jokowi terhadap Ibu Leni, lantaran ia berani merambah pasar ekspor negara lain. Sehingga tidak ikut arus mengekspor ke negara maju Amerika dan negara di Eropa.

"Ini yang bagusnya, bisa ekspor ke Afrika, Ghana, Kamerun, Filipina, Korea. Jadi memang, pasar ekspor kita itu jangan selalu mikir Amerika, Eropa saja. Padahal pasar pasar yang lain, kita juga sebetulnya siap. Produk produk kita juga bisa bersaing dengan negara-negara lain," beber Jokowi.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up