JawaPos Radar

Asian Para Games 2018

NPC Beri Klarifikasi Terkait Atlet Judo Indonesia Didiskualifikasi

08/10/2018, 23:25 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Asian Para Games 2018, Miftahul Jannah, Indonesia, Hijab, Aturan Cabor Judo, Senny Marbun
Ketua Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia, Senny Marbun angkat bicara terkait atlet blind Judo Indonesia, Miftahul Jannah yang didiskualifikasi dari pertandingan setelah menolak untuk melepas hijab (Isa Bustomi/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ketua Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia, Senny Marbun angkat bicara terkait atlet blind Judo Indonesia, Miftahul Jannah yang di diskualifikasi dari pertandingan. Itu setelah Jannah menolak untuk melepas hijab. Hal tersebut dinilai kesalahan NPC sendiri.

Sebelum terjadinya insiden tersebut, Jannah yang turun di kelas 52 kg mengenakan hijab hitam. Berdasarkan regulasi internasional, ada larangan bagi atlet di cabor judo untuk menggunakan hijab dengan alasan keselamatan dalam bertanding.

Namun, pemberitahuan aturan itu tak sampai kepada kontingen Indonesia dan atlet yang akan bertanding. Marbun pun meminta maaf atas kejadian tersebut.

"Saya minta maaf. Saya akui NPC bersalah, karena bagaimanapun juga NPC harus tahu semua," ungkap Marbun dalam konferensi pers di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Senin (8/10).

Marbun sendiri menegaskan aturan tersebut memang telah ada, namun pelatih dinilai yang tidak mengetahuinya. Dengan begitu ditegaskan insiden tersebut tidak ada unsur diskriminasi atlet yang mengenakan hijab.

"Sebetulnya dalam aturan memag dilarang mengenakan hijab saat bertanding. Aturan itu tetap mengacu olahraga untuk semua, tidak ada diskriminasi. Tidak ada yang salah di sana," jelas Marbun.

Selain itu Marbun pun berharap kejadian serupa tak akan terulang kembali. Mengingat event ini merupakan pesta olahraga penyandang disabilitas terbesar Asia.

"Mudah-mudahan kejadian tersebut tidak terulang lagi di event berikutnya, di ASEAN Para Games dan Paralimpiade," tutupnya.

(isa/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up