JawaPos Radar

Asian Para Games 2018

Jannah Bukan Mengundurkan Diri, Ini Klarifikasi Penanggung Jawab Judo

08/10/2018, 23:15 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Asian Para Games 2018, Miftahul Jannah, Indonesia, Hijab, Aturan Cabor Judo
ILUSTRASI: Pertandingan judo di Asian Para Games 2018. Penjelasan penanggung jawab para judo Indonesia di Asian Para Games 2018 terkait Miftahul Jannah (Instagram asianpg2018)
Share this image

Jawapos.com - Ahmad Bahar selaku penanggung jawab parajudo Indonesia di Asian Games 2018 menampik kabar bahwa Miftahul Jannah mengundurkan diri dari pertandingan. Dia batal bertanding karena didiskualifikasi.

Awalnya Jannah dijadwalkan bertanding Senin (8/10) di kelas 52 kg blind judo putri melawan atlet asal Mongolia, Oyun Gantulga. Namun karena dia tidak mau melepaskan hijab sesuai aturan di cabor judo, Jannah terpaksa didiskualifikasi.

Menurut Bahar, isu yang beredar mengenai Jannah yang mengundurkan diri dalam pertandingan tidaklah benar. Sebab tidak logis Jannah sampai harus melakukan hal tersebut.

"Bukan mengundurkan diri. Kalau mengundurkan diri dia tak mau. Nanti salah persepsi. Jannah didiskualifikasi oleh wasit karena ada aturan wasit dan aturan pertandingan tingkat internasional di IBSA," ujarnya ketika dihubungi wartawan.

"Atlet judo tidak diperbolehkan menggunakan hijab saat bertanding. Harus dilepas saat bertanding. Ketika jalan di matras (arena pertandingan) sudah dilepas. Kalau sudah keluar dari matras, baru silakan dipakai kembali," sambungnya.

Karena menolak melepaskan hijab, Jannah gagal berlaga pada pertandingan itu. Oyun yang menjadi lawannya diputuskan menjadi pemenang.

Lebih lanjut Bahar mengaku sudah mengupayakan segala cara agar Jannah mau menerima peraturan yang ada. Namun upaya tersebut gagal karena Jannah tetap memegang prinsip.

Perlu diketahui, peraturan mengenai tidak diperbolehkannya memakai hijab memang sudah ditentukan oleh federasi IBSA (International Blind Sport Federation). Hal tersebut dilakukan agar atlet tidak mengalami hal-hal fatal ketika bertanding.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up