JawaPos Radar

Tanjung Emas Siap Jadi Pilot Project Sterilisasi Pelabuhan

08/10/2018, 19:32 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Dirjen Perhubungan Laut, Raden Agus H. Purnomo
Dirjen Perhubungan Laut, Raden Agus H. Purnomo saat meninjau kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Senin (8/10). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dalam waktu dekat akan menjadi pilot project untuk program pelabuhan steril. Hal ini tak lain adalah demi keamanan dan kenyamanan calon penumpang kapal.

Dirjen Perhubungan Laut, Raden Agus H. Purnomo mengatakan, sterilisasi pelabuhan penting untuk segera dilakukan. Dengan adanya hal tersebut, keamanan pelabuhan dapat ditingkatkan, lantaran tak sembarang orang diizinkan mengakses area pelabuhan.

"Tanjung Emas akan kami jadikan pilot project untuk sterilisasi pelabuhan. Targetnya akhir November (2018) hal ini dapat terlaksana dengan bantuan Pelindo III dan KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan)," kata Agus usai meninjau kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Senin (8/10).

Menurutnya, bersamaan soal keamanan, aspek kenyamanan dalam hal pelayaran bagi penumpang juga tak boleh dinomorsekiankan. Untuk itu, sebagai salah satu upayanya adalah dengan penerapan e-ticketing.

"Untuk e-ticketing, memang sangat bagus sekali untuk diberlakukan sehingga memberikan kepastian kepada pengguna jasa atau penumpang agar tidak berjubel," ujarnya.

Alat deteksi X-ray nantinya juga akan dipasang. Utamanya pada bagian pintu keluar dan masuk menuju kawasan pelabuhan yang belum sempat dipasangi. “Setiap barang bawaan penumpang itu harus melalui x-ray sehingga barang-barang yang mungkin masuk kategori barang berbahaya dan sebagainya bisa terdeteksi secara dini,” terangnya.

Terpisah, Kepala KSOP Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid mengklaim, pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh operator pelabuhan dan kapal dalam mensukseskan program sterilisasi pelabuhan ini. Sehingga pada November nanti benar-benar bisa terealisasi.

"Sementara untuk sosialisasi sudah kami lakukan sejak 2015 lalu dan operator pelabuhan menyambut baik rencana sterilisasi ini," tuturnya. 

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up