JawaPos Radar

Khashoggi Masih Hilang di Konsulat Saudi di Turki

08/10/2018, 18:23 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
khashoggi hilang, jurnalis hilang, arab saudi, turki, erdogan,
Dilaporkan pada Selasa, (2/10), Khashoggi mendatangi konsulat Saudi di Istanbul untuk mendapatkan dokumen untuk menikah dengan kekasih hatinya (AFP)
Share this image

JawaPos.com – Seorang Jurnalis asal Arab Saudi, Jamal Khashoggi dilaporkan telah menghilang. Pemerintah Turki mengatakan,  mereka sangat yakin Khashoggi menghilang di konsulat Arab Saudi di Istanbul. Presiden Tayyip Erdogan mengatakan, mereka akan terus memantau kasus tersebut.

Khashoggi Diketahui telah meninggalkan Saudi pada tahun 2017 lalu. Sebelum pergi, ia menyampaikan kepada salah seorang rekan wartawannya bahwa ia meninggalkan negara itu karena ia takut akibat kritiknya terhadap kebijakan Saudi dalam Perang Yaman akan membuatnya dalam masalah.

Dilaporkan pada Selasa, (2/10), Khashoggi mendatangi konsulat Saudi di Istanbul untuk mendapatkan dokumen untuk menikah dengan kekasih hatinya. Dilansir dari Reuters, tunangannya pun turut menuggu diluar, namun rupanya Khashoggi tidak pernah nampak lagi sejak hari ia dan Khashoggi mendatangi konsulat Saudi itu.

khashoggi hilang, jurnalis hilang, arab saudi, turki, erdogan,
Presiden Tayyip Erdogan mengatakan, mereka akan terus memantau kasus tersebut (Reuters)

Terdapat beberapa sumber yang mengatakan,  Khashoggi telah mati dibunuh secara sengaja. Pandangan tersebut disebutkan oleh salah seorang penasehat Erdogan, yang merupakan sahabat karib Khashoggi. Ia amat yakin bahwa Khashoggi menghilang karena ia telah meninggal dibunuh.

Erdogan menjelaskan, hingga kini pihak berwenang masih terus meneliti hasil kamera cctv yang terpasang di airport sebagai bagian dari investigasi mereka untuk memecahkan misteri hilangnya Khashoggi. Namun ia pribadi tidak menyebutkan bahwa ia percaya kepada kabar yang berhembus bahwa Khashoggi telah meninggal dibunuh secara sengaja di konsulat.

Ia juga menyampaikan bahwa ia pribadi pun cukup mengikuti kasus menghilangnya Khashoggi. Mendengar pemberitaan yang berkembang di Turki, salah seorang staff Konsulat Saudi di Turki membantah keras bahwa Khashoggi telah dibunuh ketika hendak mengurus dokumen untuk pernikahannya. Staf itu juga membantah keras apabila kabar bahwa menghilangnya Khashoggi berhubungan dengan Konsulat disana.

Rupanya keyakinan yang disampaikan oleh berbagai pihak itu bukan tanpa alasan. Khashoggi dikenal sebagai jurnalis yang berani untuk mengkritisi permasalahan yang menurutnya tidak sesuai dengan apa yang seharusnya terjadi. Permasalahan Khashoggi ini dilaporkan mendapatkan perhatian dari pemerintahan Amerika Serikat.

Hingga saat ini dilaporkan bahwa belum ada pernyataan secara resmi yang disampaikan dari tunangan Khashoggi. Perempuan itu hanya mengunggah sebuah cuitan di Twitter-nya yang menyatakan bahwa ia tidak bisa menerima kabar bahwa Khashoggi telah dibunuh.

(am1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up