JawaPos Radar

Ditipu Kenalan, Warga Pakisaji Rugi Rp 22 Juta

08/10/2018, 17:23 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Penipuan
KORBAN: Korban penipuan tengah dimintai keterangan di Polres Malang. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Perkenalan Bambang, 50, dengan pria berinisial A, 45, tiga minggu lalu berujung perkara. Betapa tidak, A berhasil menipu Bambang dan menggondol uangnya. Total kerugiaan warga Pakisaji, Malang itu mencapai Rp 22 juta.

Penipuan bermula pada Agustus 2018. Saat itu, A meminjam uang sebesar Rp 22 juta. Alasannya untuk mengembangkan modal usaha yang dimiliki pelaku.

Awalnya, Bambang tidak ingin menyerahkan uangnya begitu saja kepada kenalan barunya. Namun dia akhirnya terperdaya juga dengan bujuk rayu pelaku.

"Pelaku bilang meminjam uang. Untuk meyakinkan, dia menjaminkan satu unit mobil Xenia. Pelaku bilang mobil itu miliknya," kata Kanit Tipikor Polres Malang Iptu Sutiyo kepada JawaPos.com, Senin (8/10).

Kepada korban, A mengaku akan mengembalikan uang yang dipinjamnya maksimal seminggu setelah menghutang. Namun setelah sepuluh hari, ternyata uang yang dipinjam tak kunjung dikembalikan. A tidak bisa dihubungi sama sekali. Hanphonenya mati saat di telpon dan pesan singkat yang dikirim tidak ada balasan.

Malah kemudian ada seseorang yang datang ke rumah Bambang untuk mengambil mobil yang dijaminkan oleh A. "Ternyata mobil itu bukan milik pelaku. Melainkan pinjam di rental mobil. Nah, kemudian pemilik kendaraan mencari mobilnya dan mendatangi rumah korban," terangnya.

Korban akhirnya melapor ke polisi. Saat ini, polisi masih melakukan penyidikan. Petugas juga sudah melakukan penyitaan terhadap barang bukti. "Korban baru melaporkan sekarang karena sejak Agustus dalam upaya mencari pelaku," tegasnya.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up