JawaPos Radar

Impian Ridwan Kamil Ubah Pangandaran Seperti Pantai di Hawai

08/10/2018, 17:16 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Impian Ridwan Kamil Ubah Pangandaran Seperti Pantai di Hawai
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengubah Pangandaran seperti pantai di Hawai. (Raka Denny/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang merencanakan penataan pantai Pangandaran. Rencananya pantai tersebut akan direvitalisasi menjadi tempat pariwisata berkelas internasional.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pantai Timur dan Barat akan didesain agar terlihat menarik dan tertata. Penataan dilakukan karena saat ini pantai yang menjadi primadona itu terlihat kumuh dan kurang terawat.

"Kami desain agar tidak terjadi kekumuhan. Mau menengah atas maupun bawah semua berinteraksi di sebuah penataan Pengandaran," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Senin (8/10).

Impian Ridwan Kamil Ubah Pangandaran Seperti Pantai di Hawai
Konsep penataan Pangandaran seperti pantai di Hawai. (Instagram @ridwankamil)

Mantan Wali Kota Bandung yang akrab disapa Kang Emil itu menututurkan, Pangandaran berpotensi menjadi wisata kelas dunia. Hal itu akan terwujud jika ditata dan dirawat secara bersama-sama dengan masyarakat setempat.

"Saya pernah ke Hawai beberapa kali, saya kira bisa lah asal kami ikuti pola yang akan desain, masyarakatnya mengikuti aturan. Kita harus naik kelas dari penataan biasa-biasa jadi luar biasa," ungkap Kang Emil.

Sebelumnya lewat akun instagram @ridwankamil mengunggah rencana penataan Pangandaran. Penataan tersebut merupakan sinergitas Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kabupaten Pangandaran.

Dalam unggahannya ada beberapa foto yang merupakan desain untuk revitalisasi Pangandaran. Namun menurut Kang Emil perihal desain yang akan dipilih, tidak terpaku pada apa yang sudah diunggahnya, melainkan desain yang baik di dunia ini maka akan dicontoh.

"Pantai Pangandaran akan direvitalisasi dan ditata untuk jadi wisata kelas dunia. Kerjasama Pemprov Jabar dan Pemkab Pangandaran. Sepanjang garis pantai timur dan pantai barat akan ditata, diberi jalur pejalan kaki yang rindang dan nyaman. lmpiannya seperti Waikiki Beach di Hawaii. Juga akan dibangun Pusat Budaya Sunda seperti di Ubud Bali," tulis dalam keterangan foto @ridwankamil

Prpyek ini diperkirakan akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 40-65 milyar. Dana tersebut akan diambil dari APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Pangandaran tahun 2019.

Bandara Nusa Wiru pun akan didesain ulang agar terlihat lebih keren dan membuka penerbangan ke Bandung atau Jakarta. Dilengkapi dengan jalur reaktivasi jalur Kereta Api dari Jakarta Bandung-Pangandaran.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up