JawaPos Radar

Tak Hanya Haid, Ada 6 Penyebab Perut Terasa Kram Termasuk Kanker

08/10/2018, 17:15 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
keram perut, penyebab keram perut, nyeri haid, menstruasi,
Ilustrasi. Selain haid atau menstruasi, ada enam kondisi yang menyebabkan perempuan mengalami keram perut. (everydayhealth.com)
Share this image

JawaPos.com - Perut kram biasanya dialami perempuan ketika masa haid atau menstruasi tiba. Namun, kram perut seperti kembung juga menghampiri perempuan ketika di luar masa haid. Jika sering mengalami kram perut lebih baik Anda memeriksakan diri.

Sebab, ada kram perut juga bisa menunjukkan kondisi kesehatan perut Anda. Dilansir dari Women's Health, Senin (8/10), perubahan hormonal yang berkaitan dengan ovulasi dapat mempengaruhi kondisi medis lainnya. Lalu, apa saja kondisi yang menyebabkan perut kram?

1. Anovulasi

keram perut, penyebab keram perut, nyeri haid, menstruasi,
Perut keram jadi pertama kanker ovarium. (Health)

Sesekali, tubuh Anda mengalami semua perubahan hormonal yang terkait dengan PMS, tetapi jika tubuh tidak benar-benar melepaskan sel telur tersebut, Anda tidak akan mengalami menstruasi. Sepuluh hingga 18 persen dari semua siklus teratur adalah anovulasi. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab seseorang sulit hamil.

2. Kehamilan

Jika Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom dalam satu bulan terakhir, atau sedang tidak mengonsumsi pil penunda kehamilan, sebaiknya Anda melakukan tes. Banyak gejala kehamilan awal, termasuk nyeri payudara, perubahan suasana hati, kelelahan, termasuk kram.

3. Stres

Stres meningkatkan kadar kortisol Anda, yang memengaruhi keseimbangan hormon Anda, termasuk hormon yang mengatur ovarium dan lapisan uterus Anda. Sehingga perut terasa kram.

4. Berolahraga Terlalu Banyak

Berolahraga memang kegiatan yang sangat menyehatkan. Tetapi berolahraga terlalu keras atau sering dapat mengacaukan siklus haid Anda. Kondisi fisik yang terlalu diforsir, terutama jika kehilangan banyak lemak tubuh, dapat membuat Anda tak menstruasi dan menyebabkan fluktuasi abnormal dalam kadar hormon. Fluktuasi ini dapat menyebabkan kemurungan, bercak yang tidak beraturan, jerawat, dan gejala lain seperti PMS.

5. Polip Uterus

Polip di rahim dapat menyebabkan kram dan ketidaknyamanan seperti menstruasi, padahal Anda tidak sedang menstruasi. Polip dapat membuat sulit untuk hamil. Bahkan ada risiko meskipun kecil kalau polip dapat berkembang menjadi kanker rahim. Untuk itu segera periksa ke dokter. Bisanya dokter akan melakukan prosedur yang relatif sederhana, yang dikenal sebagai histeroskopi. 

6. Kanker ovarium

Kanker ovarium relatif jarang, menyerang hanya sekitar 22 ribu wanita per tahun di AS. Tetapi ini adalah salah satu kanker paling mematikan bagi wanita, menewaskan sekitar 14 ribu wanita per tahun. Berdasarkan penelitian dari American Cancer Society, kanker ovarium memiliki ciri-ciri perut kembung, masalah kencing, penurunan berat badan, tidak menstruasi, dan nyeri. Jika Anda tidak menstruasi selama tiga bulan berturut-turut sebaiknya konsultasikan pada dokter.

(ce1/Inr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up