JawaPos Radar

IMF Sumbang Rp2 Miliar Untuk Korban Gempa di Palu, Donggala dan Lombok

08/10/2018, 16:48 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
IMF Sumbang Rp2 Miliar Untuk Korban Gempa di Palu, Donggala dan Lombok
Kerusakan jalan akibat gempa Palu yang terjadi pekan lalu (DOK. ISSAK RAMADHAN/JAWAPOS.COM)
Share this image

JawaPos.com - IMF (Dana Moneter Internasional) mengucurkan dana bantuan kemanusiaan sebesar Rp 2 miliar untuk para korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) serta gempa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Bantuan ini menjadi bagian dari bentuk kepedulian IMF pada para korban.

Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde nantinya akan menyerahkan langsung bantuan tersebut melalui Palang Merah Indonesia (PMI) dan sejumlah organisasi non-pemerintah, termasuk World Central Kitchen, World Vision, serta lembaga-lembaga lainnya.

“Tiga tahun lalu saat Indonesia terpilih dari 10 negara terbaik yang bisa menyelenggarakan Pertemuan Tahunan IMF – WBG 2018, kita tidak tahu bahwa Gunung Agung akan mengalami turbulensi, kita juga tidak tahu bahwa akan ada gempa bumi di Lombok, dan kita juga tidak pernah tahu bahwa akan ada gempa bumi dan tsunami di Sulawesi. Yang kita tahu Indonesia adalah pilihan terbaik, dan ketua tim yakni Pak Luhut membuat kita percaya untuk mengadakan pertemuan tahunan ini di Bali,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (8/10).

Sementara Menko Luhut Pandjaitan menyerahkan sumbangan Penanggulangan Bencana Lombok melalui “PWNU Jatim Peduli Lombok” sebesar Rp 500 juta, beserta baju seragam sekolah sebanyak 241 Stel untuk SDN Guntur Macan 1 dan 2.

Sementara itu, Gubernur BI menyerahkan sumbangan Program Sosial Bank Indonesia sebesar Rp 500 juta untuk rehabilitasi bangunan dan sarana prasarana kepada 5 Masjid dan 2 Sekolah di wilayah Lombok Barat, Lombok Utara, dan Kota Mataram.

Bantuan yang diberikan dalam kedua kesempatan tersebut merupakan langkah masing-masing instansi untuk membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Apabila dilakukan bersama-sama, setiap langkah kecil tersebut diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang besar untuk kemajuan Indonesia.

(hap/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up