JawaPos Radar

Nama Ratna Sarumpaet Hilang dari Deretan Senior Advisor WPIC 2018?

08/10/2018, 16:35 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Nama Ratna Sarumpaet Hilang dari Deretan Senior Advisor WPIC 2018?
Tersebar foto daftar Senior Advisor Women Playwrights International Conference 2018 (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Terdapat beberapa foto yang viral terkait Aktivis dan Seniman, Ratna Sarumpaet yang ternyata namanya tidak tercantum lagi pada daftar Senior Advisor Women Playwrights International Conference (WPIC) 2018. Konferensi ini telah berjalan sejak 7 Oktober di Santiago, Chili.

Sebelum dicekal di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Ratna rencananya akan berangkat menghadiri konferensi internasional di Chili. Ratna dibiayai oleh dana Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp 70 juta.

Dalam proposal Ratna menyatakan kepada Pemprov bahwa dirinya diundang sebagai penasihat senior (Senior Advisor) acara WPIC 2018. Ratna pun akan berbicara di hadapan para orang hebat terkait kesenian.

Nama Ratna Sarumpaet Hilang dari Deretan Senior Advisor WPIC 2018?
Tersebar foto daftar Senior Advisor Women Playwrights International Conference 2018 (Istimewa)

JawaPos.com mendapatkan potongan gambar dari newsletter WPIC 2018 yang diterbitkan panitia acara bulan Oktober 2018. Bahkan saat dilihat kembali ke Instagram @wpichile2018 tidak lagi ditemukan postingan nama-nama senior advisor yang memang diupload bulan April lalu.

Menanggapi hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinsaprbud) DKI Jakarta Asiantoro menyatakan tidak tahu menahu soal itu karena Disparbud hanya menjadi fasilitator.

"Kita kan hanya memfasilitasi itu aja," ujar Asiantoro saat dikonfirmasi Senin (8/10).

Dirinya pun mengonfirmasi bahwa keterlibatan Ratna atas acara tersebut atas nama pribadi Ratna bukan mewakili nama pemerintah Daerah (Pemda) DKI. "Ratna Sarumpeat itu bukan dikirim lewat Pemda. Dia minta permohonan. Jalannya atas nama pribadi," terangnya.

Tetapi Asiantoro menekankan seluruh warga DKI diperbolehkan mengajukan permohonan ke Pemprov DKI Jakarta. Asal untuk menampilkan prestasi dan karya seninya di panggung Internasional mewakili Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, Bangi yang merupakan sopir pribadi Ratna Sarumpaet menuturkan, memang Ratna Sarumpaet hendak melakukan perjalanan ke luar negeri, yakni Chili. Karena jadwal dia ke luar negeri sudah dari jauh-jauh hari dipersiapkan.

"Ke Chili, ‎Iya memang undangan sudah lama dibiayai Pemprov DKI, sudah dari jauh-jauh hari. Sudah dari 7 bulan yang lalu," pungkasnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up