JawaPos Radar

VW Beetle 1964, Jarak Tempuh 35 Kilometer Ditawar Rp 15 Miliar

08/10/2018, 16:35 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
VW Beetle 1964, Jarak Tempuh 35 Kilometer Ditawar Rp 15 Miliar
Mobil langka VW Beetle tahun 1964 dihargai Rp 15,2 miliar. (Carscoops)
Share this image

JawaPos.com – Otomotif mania pasti kenal Volkwagen (VW), mobil yang menjadi ikon otomotif dunia. Salah satu variann VW adalah Beetle. VW Beetle atau VW Kodok termasuk kendaraan penumpang paling bersejarah sepanjang masa.

Kabarnya mobil ini didesain berdasarkan pemintaan Adolf Hitler sebgai kendaraan murah pada tahun 1940-an. Saat diproduksi pada tahun 1938, VW Beetle laris manis karena semua penduduk Jerman sangat antusias dengan kehadirannya.

Carscoops, Jumat (5/10) mengungkap selain memiliki sejarah panjang sebagai mobil murah versi Adolf Hitler, VW Beetle juga mencatatkan diri sebagai mobil yang paling digemari di dunia. VW bahkan mengklaim mobil ini telah laku jutaan unit sejak tahun 1938 hingga kini, sebelum rencana disuntik mati pada 2019 mendatang.

VW Beetle 1964, Jarak Tempuh 35 Kilometer Ditawar Rp 15 Miliar
Mobil tua VW Beetle masih orisinil mulai dari bodi hingga interior. (Carscoops)

Dalam perkembangan inovasi mobil saat ini, nama besarnya tak pernah redup. Itu sebabnya VW Beetle masih menjadi incaran banyak kolektor diberbagai negara. Bahkan lembaga lelang pun ikut dalam perburuannya untuk melengkapi koleksi lelang tahunannya.

Salah satu contonya adalah VW Beetle tahun 1964 yang saat ini ada di Portland, Oregon, Amerika yang beberapa minggu ini menjadi pembicaraan publik. Mobil ini masih sangat orsinil sehingga banyak orang menginginkannya. Mobil ini milik seorang imigran, Rusia bernama Rudy Zvarich yang diperolehnya tahun 1966.

Menariknya setelah kematian Zvarich 2014,  keponakannya yang menjadi pewaris mobil ini  mendapatkan kilometernya baru mencatatkan anka 35 km atau 22 mil. Padahal mobil ini telah ada sejak tahun 1966. Ini berarti mobil VW Beetle ini hanya berdiam diri dalam garasi selama puluhan tahun.

Karena mobil hampir tidak pernah tersentuh sinar matahari, catnya masih dalam kondisi sangat baik, meskipun lapisan debu tebal menutupinya. Wiper dan kaca depannya masih asli. Begitu pun cermin sayap, dan dop roda yang tidak pernah dipasang dan tetap berada di kotak aslinya.

Interiornya juga hampir tidak pernah disentuh, termasuk kursi atau jok merah dan panel pintu merah yang semuanya masi orisinil dan sama sekali tak kusut kecuali adanya lapisan debu yang cukup tebal. Dengan kondisinya yang masih menawan karena orisinalitasnya terjaga, kabarnya mobil ini sudah ditawar dengan harga USD 1 juta atau setara dengan Rp 15,2 miliar lebih.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up