JawaPos Radar

Amien Rais Akan Diperiksa Polisi, Alumni PA 212 Siap Kawal

08/10/2018, 15:50 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Amien Rais Akan Diperiksa Polisi, Alumni PA 212 Siap Kawal
Mantan Ketua MPR Amien Rais akan diperiksa polisi (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sempat mangkir pada panggilan pertama, Mantan Ketua MPR Amien Rais dijadwalkan akan diperiksa penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Rabu (10/10) mendatang. Pemeriksaan itu dilakukan untuk menyelidiki kasus penyebaran berita bohong atau hoax yang dilakukan aktivis HAM Ratna Sarumpaet.

Rencananya, akan ada aksi untuk mengawal Amien yang diperiksa. Berdasarkan selebaran aksi yang beredar di kalangan wartawan, sebelum memulai aksi mengawal Amien yang diperiksa di Polda Metro Jaya, massa aksi diminta berkumpul di titik aksi mereka di Masjid Al Munawaroh, Pancoran, Jakarta Selatan sekitar jam 08.00 WIB pagi baru kemudian bertolak bersama-sama ke Polda Metro Jaya.

Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212, Slamet Maarif pun membenarkan adanya rencana aksi itu. "Insya Allah," kata Slamet Maarif, Senin (8/10). 

Amien sedianya dimintai keterangan pada Jumat 5 Oktober 2018 kemarin sekira pukul 11.00 WIB siang. Namun, hingga malam hari batang hidungnya tak nampak di Markas Polda Metro Jaya dan tak ada kabar ke polisi kenapa tidak hadir. "Iya dijadwalkan (Rabu mendatang)," ujar Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Nico Afinta.

Diketahui, Ratna ditangkap polisi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, saat ingin bertolak ke Chili. Ratna ditangkap atas kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoax terkait penganiayaan terhadapnya. Tersangka disangkakan dengan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 jo Pasal 45 Undang-Undang ITE. Atas kasus tersebut, Ratna terancam 10 tahun penjara.

(dik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up