JawaPos Radar

Ajukan Jadi Tahanan Kota, Kuasa Hukum Jamin Ratna Sarumpaet Tak Kabur

08/10/2018, 15:33 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Ajukan Jadi Tahanan Kota, Kuasa Hukum Jamin Ratna Sarumpaet Tak Kabur
Kuasa Hukum Ratna Sarumpaet pastikan kliennya tak akan melarikan diri jika jadi tahanan kota. (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Ratna Sarumpaet resmi ditahan di Mapolda Metro Jaya Sabtu (6/10). Atas penahanan tersebut, kuasa hukum Ratna akan mengajukan tahanan kota terhadap kliennya.

Kuasa Hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasaruddin menjamin Ratna Sarumpaet tidak akan melarikan diri, jika permohonan pengajuan penangguhan atas kliennya dikabulkan oleh penyidik. Atas dasar keyakinan itu lah pihaknya mengakukan tanahan kota.

"Oh iya dong, kami menjamin. Dari pihak keluarga juga ada anak-anaknya yang bisa menjamin," kata Insank, Senin (8/10).

Insank menambahkan pengajuan penahanan kota, karena dirinya melihat Ratna merupakan seorang tokoh dan sudah lanjut usia. Selain itu, dengan penahanannya dikhawatirkan akan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental kliennya. 

"Pengajuan tahanan kota itu tentu dasar hukumnya merujuk pada pasal KUHAP. Kalau sampai harus berada di dalam rutan, tentunya secara fisik maupun mentalnya bisa terpengaruh dengan usia lanjutnya," jelas Insank

Menganggapi hal ini, Kepala Divisi Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menjelaskan terkait pengajuan penahanan kota adalah hak dari tersangka. Namun tetap keputusannya ada pada penyidik terkait diizinkan atau tidaknya.

"Mengenai tahanan kota, penangguhan penahanan adalah hak dari tersangka. Jadi silahkan saja mengajukan berkaitan dengan tahanan kota. Dan penyidik yang akan menilai apakah itu dikabulkan atau tidak," jelas Argo.

Seperti diketahui Polda Metro Jaya telah menetapkan Ratna Sarumpaet sebagai tersangka atas berita bohong atau hoax yang dibuatnya. Tersangka Ratna resmi ditahan pada Jumat (5/10) lalu. Tersangka pun sudah dilakukan penahanan dan ditempatkan di rumah tahanan perempuan di Direktorat Krimum Polda Metro Jaya.

(dik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up