JawaPos Radar

Lahirkan Industri Hiburan Baru, SM Entertainment Masuk ke Indonesia

08/10/2018, 15:03 WIB | Editor: Deti Mega Purnamasari
Lahirkan Industri Hiburan Baru, SM Entertainment Masuk ke Indonesia
CEO SM Asia Tenggara Kyung Jin Han, CEO SM Grup Kim Young Min, Chaimran CT Corp Chairul Tanjung, CEO Trans Media Atiek Nur Wahyuni (Deti Mega P/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - SM Entertainment bekerja sama dengan PT Trans Media untuk melahirkan tren baru di industri media dan hiburan tanah air.

Kerja sama tersebut dilakukan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman yang dilaksanakan di Menara Bank Mega, Jalan Kapt. Tendean, Jakarta Selatan, Senin (8/10). Adapun nota kesepahaman tersebut ditandatangani dan dihadiri oleh CEO SM Grup, Kim Min Young, CEO Trans Media, Atiek Nur Wahyuni, Chairman CT Corp, Chairul Tanjung, serta CEO SM AsiaTenggara, Kyung Jin Han.

Adapun tren baru di industri media dan hiburan tanah air yang dimaksud mencakup talent management, produksi konten visual, event production dan promotion, periklanan, merchandising dan mobile platform.

Lahirkan Industri Hiburan Baru, SM Entertainment Masuk ke Indonesia
CEO SM Asia Tenggara Kyung Jin Han, CEO SM Grup Kim Young Min, Chaimran CT Corp Chairul Tanjung, CEO Trans Media Atiek Nur Wahyuni saat konferensi pers penandatanganan kerja sama, Senin (8/10) (Deti Mega P/JawaPos.com)

"Nota kesepahaman tersebut berprinsip bahwa kedua perusahaan akan melakukan kerja sama dalam membentuk perusahaan patungan di Indonesia terkait dengan bisnis. Tidak hanya pada talent management, tapi juga kepada mobile platform, dan bisnis gaya hidup," ujar Chairul Tanjung saat konferensi pers penandatanganan nota kesepahaman dilakukan.

Ia mengatakan, ketiga bisnis tersebut akan dielaborasi oleh kedua perusahaan dan mulai Selasa (9/10) akan dimulai rapat secara simultan baik di Jakarta maupun di Seoul. Hal tersebut untuk melakukan finalisasi strategi dan bisnis model yang ada sehingga diharapkan bisa terbentuk perusahaan Indonesia yang merupakan joint venture company antara SM Grup dengan Trans Media di Indonesia.

Sementara itu, CEO SM Grup, Kim Young Min mengungkapkan perasaan terima kasihnya dengan penandatanganan nota kesepahaman tersebut. Ia mengatakan, tiga model bisnis yang dikerjasamakan, yakni talent management, mobile platform, dan gaya hidup merupakan model bisnis untuk menyingsing masa depan.

"Dari masa depan, saya rasa lebih terfokus bagi masa depan anak-anak muda. Saya berharap agar bisnis model tersebut bisa dijadikan bukti bahwa masa depan anak muda ada di Asia," katanya.

Ia juga berterimakasih karena pihaknya telah dipercaya menjadi partner dalam menciptakan masa depan anak muda di Asia lewat kerja sama ini. Sebab menurutnya, di bidang entertainment, rasa saling percaya sangat penting.

"Di samping itu yang paling penting adalah menguatkan satu sama lain dan kita bisa enjoy di dalamnya sehingga bisa menghasilkan yang maksimal," katanya.

SM sendiri merupakan salah satu perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan yang mempelopori lahirnya Korean Wave dan mempopulerkan K-pop di seluruh dunia. Selain menaungi artis-artis yang memiliki nama besar, SM juga aktif mengembangkan platform bisnis baru seperti bisnis mobile, periklanan, dan gaya hidup.

Sementara itu, Trans Media merupakan kelompok media terintegrasi dan terkemuka di Indonesia yang merupakan anak usaha dari CT Corp. Trans Media sendiri menjangkau lebih dari 200 juta audiens melalui berbagai platform distribusinya antara lain saluran televisi tak berbayar, layanan televisi berbayar, dan media digital.

(dmp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up