JawaPos Radar

Perkuat Rupiah, Perusahaan Tambang Bakrie Tukar USD 5 Miliar Ke Rupiah

08/10/2018, 13:32 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Perkuat Rupiah, Perusahaan Tambang Bakrie Tukar USD 5 Miliar Ke Rupiah
Ilustrasi tambang milik PT Bumi Resources Tbk (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Salah satu perusahaan tambang milik konglomerat keluarga Bakrie, PT Bumi Resources Tbk (BUMI) akan mengkonversikan 80 persen pendapatannya ke Rupiah. Hal tersebut bertujuan untuk membantu nilai tukar Rupiah yang saat ini masih sulit menguat. 

Presiden Direktur BUMI Saptari Hoedaja menyampaikan, perusahaan merasa bertanggung jawab untuk mendukung nilai kurs Garuda sebagai prioritas nasional.

“Bumi adalah perusahaan yang bertanggung jawab mendukung kebijakan pemerintah dan sepenuhnya mendukung prioritas nasional dalam melindungi Rupiah dan negara," kata  dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/10).

BUMI, yang merupakan produsen dan eksportir batubara ini menargetkan pendapatan dari ekspor maupun domestik (DMO) tahun ini lebih dari USD 5 miliar atau setara Rp 76 triliun jika dikalikan dengan kurs saat ini Rp 15.200.

Perusahaan berjanji sekitar 80 persen dari pendapatan itu akan dikonversikan menjadi rupiah. Jika dihitung, maka uang yang akan dikonversi mencapai Rp 60,8 triliun. Sementara sisanya akan digunakan untuk belanja modal dan keperluan lainnya.

Perusahaan menyampaikan bahwa telah memenuhi kewajiban DMO sebesar 25 persen. Perusahaan juga merasa sebagai penyumbang utama bagi kas negara dari sisi devisa, pembayar pajak dan royalti terbesar yang diakui oleh Kementerian Keuangan.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up