JawaPos Radar

800 Ton Komoditas Pertanian Diekspor ke Enam Negara

08/10/2018, 13:19 WIB | Editor: Dida Tenola
800 Ton Komoditas Pertanian Diekspor ke Enam Negara
Menteri Pertanian Amran Sulaiman usai memberangkatkan 800 ton hasil komoditas pertanian ke enam negara. (Aryo Mahendro/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Pemerintah mengekspor beragam komoditas pangan, Senin (8/10). Sebanyak 800 ton bawang merah, benih kangkung, dan buah mangga diekspor ke Vietnam, Tiongkok, Filipina, Malaysia, Jepang dan Singapura. 

Jumlah tersebut, adalah kuota ekspor selama setahun. Semua komoditas pangan tersebut berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Komoditas itu dikirim melalui jalur udara.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengaku belum mengetahui nilai dari ekspor ratusan ton komoditas pangan tersebut. Hanya saja, dia berharap, nilainya tembus dari angka ekspor tahun lalu yang mencapai Rp 441 triliun. "Nanti kami lihat akhir tahun,” jelas Amran di kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur.

Ada beberapa alasan mengapa pemerintah mengirim komoditas tersebut. Amran mengatakan, dirinya sudah diperintah Presiden RI Joko Widodo untuk mendorong ekspor sebanyak banyaknya. Terutama bawang merah yang memang harganya sedang anjlok.

Oleh sebab itu dia memerintahkan anak buahnya agar mempermudah perizinan ekspor. Apalagi, Amran mengingatkan bahwa pemerintah sudah menerapkan Online Single Submission (OSS.) "Jadi, kami akan permudah ekspor (komoditas pangan). Saya akan perintahkan jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk mempermudah izin," tambah Amran. 

Pihaknya juga tidak akan lepas tangan terhadap para eksportir. Amran berjanji bahwa pemerintah akan menjadi jembatan antara eksportir dengan negara tujuan ekspor. "Kami akan menopang dan membantu pada sisi negosiasi dengan negara tujuan," sambungnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, sebanyak 20 bibit kangkung diekspor ke Jepang. Selain itu juga ada buah mangga jenis arum manis 143 asal Ponorogo, Madiun, Probolinggo, Pasuruan, dan daerah lain di Jawa Timur. "Sekarang, mangga itu sudah ada di mana-mana. Apalagi, pohon mangga sekarang sudah ditanam di jalan-jalan di Jawa Timur. Kalau soal bawang merah, asalnya dari Probolinggo, Nganjuk, dan Sumenep," papar Soekarwo. 

 

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up