JawaPos Radar

Napi Lapas Merah Mata Ditemukan Tewas

08/10/2018, 12:56 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Gantung Diri
Lokasi lapas yang dijadikan korban untuk gantung diri. (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Seorang napi di Lapas Merah Mata, Kelurahan Suka Mulya, Kecamatan Sematang Borang, Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), ditemukan tewas. Korban atas nama Jumadi, 24. Jasad korban ditemukan menggantung di kamar mandi, Minggu (7/10). Belum diketahui penyebab korban nekat melakukan aksi gantung diri tersebut.

Pertama kali, jasad Jumadi ditemukan Sartono, 43, yang merupakan tamping dapur. Saat itu, saksi hendak pergi ke kemar mandi. Sartono semoat menurunkan korban karena saat ini tubuhnya masih hangat dan bernafas. Selanjutnya, korban dibawa ke klinik untuk mendapatkan pertolongan.

Namun takdir berkata lain. Meski telah mendapatkan perawatan, korban yang tercatat sebagai napi kasus kekerasan dalam rumah tangga itu akhirnya meninggal dunia.

Kapolsek Sako Palembang Kompol Achmad Firdaus membenarkan kejadian tersebut. Dari hasil pemeriksaan korban, tidak ada tanda-tanda kekerasan di tubuhnya. Artinya, korban murni meninggal akibat gantung diri.

Polisi juga menyita tali nilon berwarna kuning sepanjang 1 meter yang digunakan korban untuk gantung diri. "Kami masih menyelidiki kasus ini dengan berkoordinasi dengan pihak Kemenkumham untuk mencari tahu penyebabnya," ucap Firdaus, Senin (8/10).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumsel Sudirman D Hury juga membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, Jumadi masuk penjara atas kasus kekerasan dalam rumah tangga yang berakibat korbannya meningga dunia.

Jumadi telah menjalankan hukumannya sejak 2011 dengan masa tahanan selama 12 tahun. "Jumadi meninggal dunia murni bunuh diri dengan tanda di leher serta keluarnya kotoran atau feses dari korban," ungkapnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up