JawaPos Radar

Hunian Warga di HP 105 Segera Dibongkar

08/10/2018, 12:31 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Warga Jebres
Warga Jebres penghuni lahan Hp 105 akan digusur. (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo tidak lagi memberikan dispensasi kepada warga yang menempati lahan hak pakai (HP) nomor 105, Jebres. Dalam waktu dekat, petugas akan melakukan pembongkaran paksa terhadap belasan hunian yang masih berdiri di lahan tersebut.

Kepala Satpol PP Kota Solo Sutarja menegaskan, selama ini Pemeritah Kota (Pemkot) Solo sudah cukup longgar dalam memberikan kesempatan kepada warga untuk membongkar sendiri hunian mereka. Namun hal itu tidak dilakukan warga. Sehingga Satpol PP pun terpaksa melakukan tindakan tegas berupa pembongkaran paksa.

"Surat perintah pengosongan sudah kami layangkan beberapa hari lalu. Batas terakhir pengosongan adalah hari ini. Jika sampai tidak juga dikosongkan, kami akan melakukan pengosongan paksa," tegas Sutarja kepada JawaPos.com, Senin (8/10).

Satpol PP akan menerjunkan alat berat yang digunakan untuk membongkar hunian warga. Tapi, Sutarja enggan membeberkan kapan alat berat akan didatangkan ke lokasi.

"Kalau soal alat berat dan pembongkaran kami tidak bisa menyampaikan. Yang jelas dalam waktu dekat ini akan kami bongkar paksa. Sudah tidak ada lagi dispensasi," ucapnya.

Sampai sekarang setidaknya masih ada 14 kepala keluarga (KK) yang tetap bertahan di lokasi. Padahal selama ini, Pemkot Solo sudah menawarkan alternatif sebagai ganti hunian warga. Yakni dengan tinggal di Rusunawa dan menawarkan kios untuk usaha di Pasar Panggungrejo.

namun semua tawaran tersebut tidak digubris warga. "Dari dua puluh lebih KK, yang masih menolak ada 14 KK. Nanti kami bongkar semua," tandasnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up