JawaPos Radar

Inkas Superior APC: Mobil Lapis Baja, Penakluk Segala Medan

08/10/2018, 12:07 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Inkas Superior APC: Mobil Lapis Baja, Penakluk Segala Medan
Inkas Superior APC, cocok digunakan sebagai kendaraan multifungsi. Untuk keperluan militer maupun kendaraan penyelamat bencana alam. (Carscoops)
Share this image

JawaPos.com – Kendaraan tangguh yang pernah diciptakan di dunia salah satunya adalah UNIMOG milik Mercedes-Benz. Mobil multiguna itu bersifat multifungsi. Di antaranya sebagai kendaraan taktis perang, mobil rescue hingga kendaraan pembuka jalan untuk penanganan bencana alam.

Meski namanya tersohor, ternyata UNIMOG bukan satu-satunya kendaraan taktis multiguna yang mampu megatasi segala medan. Kini ada mobil taktis baru dari perusahaan Inka asal Kanada yang menciptakan mobil bernama AMEV (Armored Medical Evacuation Vehicle) atau Inkas Superior APC.

Mobil Inkas Superior APC, dikutip Carscoops, Kamis (4/9) menyebutkan nama panjang mobil ini merujuk kepada sebuah kendaraan multiguna yang dibuat untuk melintasi segala medan yang tidak bersahabat secara aman. Dirancang dengan material armor balistik Level 7.

Inkas Superior APC: Mobil Lapis Baja, Penakluk Segala Medan
Dirancang dengan material armor balistik Level 7. Artinya kendaraan lapis baja itu, menjadi mobil taktis militer memiliki bodi anti peluru yang tak mampu ditembus senjata otomatis kaliber menengah. (Carscoops)

Artinya kendaraan lapis baja itu, menjadi mobil taktis militer memiliki bodi anti peluru yang tak mampu ditembusi senjata-senjata otomatis kaliber menengah. Mobil ini secara khusus dibangun untuk mengangkut personel dan bantuan untuk operasi pencarian dan penyelamatan, di berbagai medan.

Oleh karena itu, klien yang ditargetkan termasuk penegakan hukum, paramiliter, dan operasi pemeliharaan perdamaian. Inkas Superior dapat mengangkut hingga 14 personel atau hingga 2 personel dan 6 penumpang yang terluka. Selain itu, platform modular memungkinkan pemasangan berbagai komponen tambahan untuk penggunaan khusus.

Beberapa fitur unik kendaraan ini, seperti sistem ramp belakang hidraulik yang memfasilitasi pemuatan penumpang yang terluka, serta paket optik yang ditingkatkan dengan PTZ infrared dan thermal imaging.

Model truk lapis baja 4 × 4 ini juga menyediakan paket drivetrain dan modifikasi suspensi yang memungkinkan untuk beroperasi tanpa masalah di semua kondisi. Ia dibekali mesin diesel raksasa 6 silinder segaris dengan power 330 hp dan torsi 1,286 Nm.

Dengan mesin bongsornya, Inkas Superior APC mencapai kecepatan tertinggi yang teruji 130 km / jam (81 mph). Kendaraan ini juga mengemas transmisi Allison 3000 generasi kelima, dengan torsi maksimal 13.543 Nm transfer case dan sistem bahan bakar elektro-hidraulik.

Sebagai hasil dari semua peralatan tambahan dan fitur yang ditanam pada tubuhnya, Inkas mengklaim bahwa mobil ini mampu mengungguli kendaraan berukuran serupa lainnya dalam hal mobilitas dan keandalan.

Inka, selama ini tak hanya membangun varian lapis baja dari kendaraan penumpang biasa. Ia juga memproduksi beberapa kendaraan paling sulit di dunia untuk lembaga militer dan penegak hokum. Salah satunya kendaraan taktis Inkas Superior APC.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up