JawaPos Radar

Palu Berangsur Pulih, Maskapai Komersial Sudah Mulai Beroperasi

08/10/2018, 11:14 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Maskapai komersil
Pesawat komersil Lion Air bersandar di Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie Palu, Sulawesi Tengah, Senin (8/10) (Ridwan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie Palu, Sulawesi sudah mulai beroperasi untuk pesawat komersial. Rencananya landasan pacu atau runway sepanjang 2.250 meter tersebut ditargetkan dapat beroperasi normal pada 11 Oktober 2018 mendatang.

Pantauan JawaPos.com, terlihat pesawat komersial Lion Air dan Wings Air mulai beroperasi di bandara tersebut. Meski ada juga beberapa maskapai belum kembali beroperasi usai gempa dan tsunami pada Jumat (28/9).

"Sudah berangsur membaik dan mulai beroperasi, tapi memang untuk masakapai Garuda belum," kata salah satu anggota TNI Mayor Santos yang berjaga di sekitar bandara, Senin (8/10).

Sejumlah bantuan untuk para korban pun terus berdatangan melalui bandara. Terlihat beberapa pesawat Hercules milik TNI AU sedang menurunkan bantuan logistik. Oleh karena itu, Santos memastikan wilayah Sulawesi Tengah sudah mulai berangsur normal.

"Bantuan sudah banyak berdatangan yang sebagain diangkut oleh pesawat Hercules," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan perbaikan runway Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu, Sulawesi Tengah. Runway sepanjang 2.250 meter tersebut ditargetkan dapat beroperasi normal pada 11 Oktober 2018.

"Tanggal 11, paling lambat tanggal 12 runway sepanjang 2.250 meter bisa digunakan. Artinya pesawat yang lebih besar, Airbus 320 juga 737 yang lain bisa mendarat. Sehingga dari jakarta bisa langsung ke sana," ujar Budi Karya di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (5/10).

(ce1/rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up