JawaPos Radar

Beda dengan Korea, Perawatan Kulit Perempuan Indonesia Cuma 3 Langkah

08/10/2018, 11:10 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
perawatan kulit muka, langkah perawatan wajah, perawatan wajah korea,
Beda dengan orang Korea, perawatan kulit perempuan Indonesia hanya butuh tiga langkah. (Salus Beauty)
Share this image

JawaPos.com - Tren kecantikan perempuan Indonesia saat ini berkiblat masyarakat Korea. Demi mendapatkan kulit seperti warga Korea, berbagai make up asal negeri gingseng itu pun diburu.

Dalam ajang Wardah Days 2018, di Gandaria City, Minggu (8/10), dr. Andina Bulan Sari Sp. KK menjelaskan sebetulnya paket perawatan kulit perempuan Indonesia lebih sederhana. Dengan iklim tropis yang dialami di Indonesia, perempuan di sini hanya membutuhkan tiga jenis perawatan kulit dasar.

"Skin care perempuan Indonesia hanya butuh Cleansing, Protecting, dan Lightening. Itu tahapannya. Beda dengan Korea yang butuh sampai 10 macam jenis. Di sini jika disederhanakan ya hanya 3 itu," kata dr. Andina.

1. Cleansing

Fungsinya membersihkan sisa-debu make up kotoran di wajah. Paling simple perempuan saat ini masih menggunakan double cleansing.

"Pakai pembersih wajah seperti make up remover yang terdiri dari oil, toner, milk," ungkapnya.

Kemudian bagian dari cleansing juga terdapat sabun pembersih atau facial wash. Tujuannya untuk membersihkan sisa-sisa make up remover. Sebab jika tersisa bisa sebabkan masalah," katanya.

Lalu bisa juga dengan menambahkan scrub atau acid (asam) guna mengangkat sel kulit mati. Cukup 1-2x seminggu memakai scrub sebab bisa menyebabkan iritasi atau pengelupasan.

2. Protecting

Krim protecting berfungsi melindungi sinar UV. Sinar di atas jam 9 pagi, efeknya negatif bagi kulit. Sinar matahari terdiri dari UV A dan B.

"Sinar UV A dan B bisa sampai ke kulit. Sedangkan UV C sudah habis di atmosfer. Kalau UV A bisa menyebabkan terjadinya penuaan dan kanker kulit. UV B menyebabkan terjadinya kemerahan, taning atau sunburn," katanya.

Maka wajib bagi siapa saja menggunakan tabir surya atau sunblock. Sunblock digunakan usai memakai krim dasar seperti alas bedak atau foundation.

3. Lightening

Krim yang mencerahkan wajah dan memgandung whitening agent itu penting digunakan. Sebab penggunaan krim tersebut bisa menurunkan pigmen yang menyebabkan kulit di wajah lebih gelap. Sehingga kulit akan lebih cerah. 

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up