JawaPos Radar

OK-Otrip Berganti Nama Jadi Jak Lingko

08/10/2018, 10:40 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Jak Lingko
Peluncuran nama baru sistem transportasi terintegrasi di Jakarta. (Reyn Gloria/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi menghapus OK-Otrip. Sistem transportasi terintegrasi di Jakarta itu berganti nama menjadi Jak Lingko. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, Jak Lingko tidak mengubah sistem. Sebab Jak Lingko hanya memperbaharui branding dari OK O-Trip. Perubahan nama ini diharapkan mudah diingat dan maknanya dapat sampai kepada masyarakat. Menurut Anies, kedua kata itu merupakan kata baru di Kamus Besar Bahasa Indonesia.

"Ini sebuah kosakata baru di dalam bahasa Indonesia. Nanti dalam KBBI sudah disepakati badan bahasa akan dipublikasikan akhir Oktober bersama ratusan kosakata baru," jelas Anies di Balai Agung, Jakarta Pusat, Senin (8/10).

Anies menegaskan, perubahan nama sudah dirundingkan dan membutuhkan pemikiran yang matang. Prosesnya pun tidak membutuhkan waktu sebentar. Lingko erat kaitannya dengan jejaring yang berarti pengintegrasian.

"Ini diambil dari jenis pengelolaan pengairan sawah di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Sistemnya seperti jejaring laba-laba. Nah, kami berharap nantinya benar-benar warga Jakarta berangkat dari mana saja. Menuju tujuan mana saja di DKI Jakarta dengan menggunakan sistem transportasi umum Jak Lingko ini," tandas Anies.

Seperti diketahui, OK-OTrip pertama kali diuji coba pada 15 Januari 2018. Belum ada waktu 10 bulan nama ini mengudara di masyarakat, Anies memutuskan menggantinya untuk merangkum seluruh moda transportasi angkutan massal yang akan bergabung.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up