JawaPos Radar

Khabib Nurmagomedov, Idola Baru di Arena UFC

08/10/2018, 10:29 WIB | Editor: Bagusthira Evan Pratama
MMA, UFC, Khabib Nurmagomedov, Connor McGregor
Petarung mixed martial arts (MMA) asal Rusia, Khabib Nurmagomedov berhasil mempertahankan sabuk juara dunia usai kalahkan Connor McGregor, Sabtu (6/10) (Daily Mail)
Share this image

JawaPos.com - Petarung mixed martial arts (MMA) asal Rusia, Khabib Nurmagomedov mendadak menjadi buah bibir. Hal ini tak lepas dari keberhasilannya mempertahankan gelar juara dunia usai mengalahkan petarung penuh kontroversi asal Republik Irlandia, Conor McGregor.

Bertempat di Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (7/10), Khabib yang semula diremehkan sukses memaksa McGregor untuk menyerah. Baginya itu jadi kemenangan ke-27 tanpa sekalipun menelan kekalahan di panggung UFC.

Bagi Khabib dan para pendukungnya, kemenangan ini begitu emosional. Sebab beberapa hari sebelum pertarungan, kubu McGregor terus menebar psy war yang justru tidak diladenin oleh Khabib. Saking kesalnya, McGregor sampai beberapa kali mengucapkan kalimat-kalimat rasis karena Khabib merupakan penganut Muslim yang taat.

MMA, UFC, Khabib Nurmagomedov, Connor McGregor
Serangan-serangan Khabib Nurmagomedov sukses menjatuhkan Connor McGregor (Daily Mail)

Dalam sesi jumpa pers, McGregor menyodori Khabib minuman keras yang ditolaknya secara mentah-mentah. Tak terima dengan itu, McGregor meluapkan amarahnya dengan menghina sang lawan.

Keributan kembali terjadi saat prosesi timbang badan. McGregor yang sudah terlanjur kesal berusaha menendang Khabib yang sedang berpose untuk difoto. Namun keadaan tidak bertambah parah karena kedua petarung berhasil dipisahkan.

Nah, saat berada dalam arena, Khabib langsung melampiaskan semua emosinya. Alhasil ia dinyatakan menang saat pertarungan memasuki ronde keempat. McGregor menyerah karena tak bisa melepaskan diri dari kuncian Khabib.

MMA, UFC, Khabib Nurmagomedov, Connor McGregor
Teknik kuncian Khabib Nurmagomedov memaksa Connor McGregor untuk menyerah di ronde keempat (Daily Mail)

Sayangnya kemenangan itu ternoda saat Khabib terpancing kemarahan. Ia yang sudah dinyatakan menang memaksa keluar oktagon untuk menghajar salah satu orang yang ada di tim McGregor. Kabarnya Khabib kesal masih terus disindir soal agama, orang tua, dan juga negaranya.

Kejadian itu sontak memancing amarah yang lainnya. Keadaan tidak terkendali, bahkan di atas arena McGregor terlihat ribut dengan beberapa orang dari tim Khabib.

MMA, UFC, Khabib Nurmagomedov, Connor McGregor
Khabib Nurmagomedov terpancing emosi usai memenangkan duel melawan Connor McGregor (Daily Mail)

"Saya minta maaf sudah melakukan hal tersebut. Tapi saya bingung kenapa orang-orang malah membahas aksi saya meloncati pagar oktagon. Kenapa mereka tidak menyinggung mereka yang mengejek agama saya, orang tua saya, dan juga negara saya? Ini olahraga terhormat," ungkap Khabib dikutip dari TMZ Sport.

McGregor sendiri tidak mau menerima kekalahan ini. Petarung yang pernah bertinju dengan Mayweather Jr itu meminta agar diadakan pertarungan ulang.

(bep/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up