JawaPos Radar

5 Tips Hilangkan Kulit Gelap dan Kusam dengan Kebiasaan Sehat

08/10/2018, 09:46 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
tisp hilangkan kusam, tips putihkan wajah,
Ilustrasi. Ada lima cara hilangkan kulit hitam dan kusam. (NDTV Food)
Share this image

JawaPos.com - Meraih kulit wajah yang sehat dan cerah berkilau sebetulnya bisa dimulai dari diri sendiri. Caranya mudah, hanya tinggal disiplin menerapkan kebiasaan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam ajang Wardah Days 2018, di Gandaria City, Minggu (8/10), Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Andina Bulan Sari Sp. KK punya solusi untuk memberikan tips untuk menghapus kulit nampak kusam. Kulit kusam dan gelap memang membuat perempuan tidak percaya diri. Dengan Wardah Lightening Series, dr. Andina juga memberikan tips yang paling sederhana.

"Untuk mendapatkan tampilan kulit cerah sehat bersinar bukan hanya dari skin care. Tapi perbaiki dari dalam diri kita," kata dr. Andina.

tisp hilangkan kusam, tips putihkan wajah, dokter kulit,
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Andina Bulan Sari Sp. KK bersama artis Soraya Larasati sebagai MC di Wardah Days 2018 (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

Makanan dan Minuman Antioksidan

Pola Bersih Hidup dan Sehat (PHBS) bisa dimulai dari makanan. Dengan rajin mengonsumsi makan-makanan antioksidan seperti sayur dan buah-buahan maka kulit akan nampak lebih cerah. Serta minum 8 gelas air putih minimal sehari.

Cukup Tidur

Istrirahat yang cukup yakni 7-8 jam tidur malam akan membantu wajah menjadi lebih segar dan bercahaya. Hal itu juga bisa menghindari kantung mata atau mata panda di pagi hari.

Olahraga

Kegiatan fisik atau olahraga teratur bisa membuat tubuh lebih bugar. Sehimgga hal itu membuat wajah lebih bercahaya.

Jauhi Stres

Stres memang selalu terjadi setiap saat baik psikis dan fisik. Paling penting adalah mengatur atau manajemen stres yang tepat agar wajah tak tampak loyo dan kusam.

Jauhi Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol mengandung banyak radikal bebas yang tak sehat bagi kulit. Apalagi alkohol mengandung banyak gula yang tak sehat bagi tubuh.

"Barulah setelah semuanya disiplin dilakukan dari diri sendiri, dipadukan dengan skin care yang tepat," tegas dr. Andina.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up