JawaPos Radar

Palu Berangsur Pulih, Pasar dan 'Matahari' Kembali Beroperasi

08/10/2018, 05:56 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Pasar Massomab Palu
Pedagang melakukan aktivitas jual beli di Pasar Tradisional Masomba, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (7/10/2018). Pasar tersebut mulai di beraktivitas kembali pasca gempa yang terjadi pada Jumat 28 September lalu. (Issak Ramadhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Memasuki hari ke-10 usai gempa 7,4 SR disertai tsunami yang terjadi pada Jumat (28/9) lalu, perekonomian kota Palu kini berangsur pulih. Kegiatan jual-beli sudah mulai terlihat di beberapa pasar.

“Perekonomian di Kota Palu sudah mulai kembali pulih, pasar-pasar sudah beroperasi, ATM beroperasi,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, (8/10).

Pasar yang sudah mulai berjalan, yakni Pasar Masomba dan Pasar Induk Kota Palu. Selain itu, pusat perbelanjaan atau mal juga sudah mulai dibuka. Sejumlah ATM sudah berfungsi kembali.

Sutopo mengaku pihaknya mendapati salah satu departement store yang kembali memperjualkan barang dagangannya meski di tengah kerusakan yang dialami.

“Tadi barusan kami mendapat informasi Matahari Departement Store Kota Palu juga sudah buka meskipun masih ada kerusakan-kerusakan bangunan tapi masih beroperasi,” kata dia.

Menurutnya, sejumlah perkantoran juga akan mulai kembali mempekerjakan karyawannya. Begitu pula dengan instansi pemerintah daerah (pemda).

“Perkantoran kita harapkan Senin sudah mulai aktif. Pegawai pemda sudah mulai masuk untuk bekerja di masing-masing SKPD (satuan kerja perangkat daerah),” jelasnya.

Masyarakat saat ini juga sudah bisa beraktivitas meski belum normal sepenuhnya. Pasar-pasar yang dimaksud, juga melancarkan kegiatannya dengan memanfaatkan fasilitas sederhana.

“Pulih itu dalam arti belum normal 100 persen, karena bangunannya banyak yang roboh. Tapi masyarakat melakukan aktivitas jual beli dengan menggunakan tenda-tenda yang ada di halamannya. Memanfaatkan fasilitas yang ada di sana,” terang Sutopo. 

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up