JawaPos Radar

Hoax Ratusan Bayi Pengungsi Palu dan Donggala Minta Adopsi

07/10/2018, 20:56 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
gempa sulawesi tengah, ratusan bayi palu, bayi pengungsi adobsi
Kondisi masjid Baiturr Rahman kota palu yang diterjang gempa dan Tsunami pada jumat lalu, Palu, Sulawesi tengah, Selasa (2/10/2018). (Haritsah Almudatsir/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Kabar berita bohong atau hoax yang beredar pascagempa disertai tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), masih saja bermunculan. Kali ini, kabar hoax yang beredar yakni terkait dengan pengumuman tawaran adopsi anak para korban gempa.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho memastikan, berita itu tidak benar adanya. Dia mengaku mendapat informasi langsung dari lokasi kejadian.

“Dari rumah sakit di lokasi, kami dapat laporan itu tidak benar,” ujarnya saat dikonfirmasi di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (7/10).

Sutopo mengaku sudah berkoordinasi serta meminta pihak terkait, yakni Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) untuk menghadiri konferensi pers hari ini. Namun, undangan tersebut belum bisa dipenuhi.

“Makanya tadinya hari ini saya hadirkan Kementerian PPPA untuk menjawab hal-hal tersebut, bagaimana penanganan anak, perempuan, termasuk isu-isu seperti ini, tapi batal hadir,” jelas dia.

Sebelumnya, pengumuman tersebut beredar di aplikasi pesan singkat WhatsApp (WA). Dalam pesan yang disebar berantai tersebut ditulis, ada ratusan bayi pengungsi yang ditawarkan untuk diadopsi.

Berikut isinya:

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Siapa tau ada keluarga kita yg mau adopsi anak dr Palu, ada 100 lbh anak bayi di tempat penampungan di Antang,Korban Gempa Palu yg sdh tdK ada orngtuanya

Ibu Ilmi

Hub: 081343538888

Tolong disebar????????

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up