JawaPos Radar

Survei SMRC: Warga Indonesia Puas atas Kinerja Jokowi, Ini Hitungannya

07/10/2018, 17:39 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
jokowi-ma'ruf amin, survei kinerja jokowi, survei smrc jokowi
Pasangan Capres dan Cawapres Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin. (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Saiful Mujani Research and Consunting (SMRC) merilis hasil survei nasional terbarunya terkait peta kekuatan politik nasional di pilpres 2019. Tercakup pula di dalamnya mengenai kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menurut masyarakat luas.

Dalam survei yang dilaksanakan 7-14 September 2018, mayoritas masyarakat Indonesia mengaku puas dengan hasil kinerja mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Bahkan persentase angkanya diketahui di atas 70 persen.

“Yang merasa puas dengan kinerja Jokowi sebagai presiden 73,4%, jauh lebih banyak dibanding yang merasa tidak puas hanya 25,4 %,” ujar Direktur ekeskutif Saiful Mujani Research & Consuling (SMRC) Djayadi Hanan di Kantor SMRC, Jalan Cisadane, Jakarta Pusat, Minggu (7/10).

jokowi-ma'ruf amin, survei kinerja jokowi, survei smrc jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Issak Ramadhan/JawaPos.com)

Tak hanya dalam sektor tingkat kepuasan masyarakat, Djayadi juga menyebut bahwa masyarakat Indonesia yakin terhadap Jokowi dalam memimpin Indonesia. Hasilnya pun tak jauh beda, masih berada di level 70 persen suara.

“Yang merasa yakin dengan kemampuan Jokowi sekitar 71,4%. Jauh lebih banyak dibandingkan yang merasa tidak yakin, yaitu 23,2 %,” pungkasnya.

Adapun SMRC melakukan survei secara langsung (tatap muka) dengan metode multistage random sampling yang melibatkan 1.220 responden periode 7-14 September 2018. Margin of error rata-rata dari survei tersebut diketahui mencapai 3,05 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Di sisi lain, quality control (QC) terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up