JawaPos Radar

Baru Segini Jumlah Buruh Migrant yang Terdaftar di DPT Pemilu 2019

07/10/2018, 17:12 WIB | Editor: Dimas Ryandi
PPLN
Ketua Pokja Penyelenggara Pemilu Luar Negeri (PPLN) Wajid Fauzi (tengah berkemeja putih) di kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Minggu (7/10) (Ridwan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com -  Ketua Pokja Penyelenggara Pemilu Luar Negeri (PPLN) Wajid Fauzi menyebut terdapat 2.025.344 daftar pemilih tetap (DPT) luar negeri. Data tersebut akan terus diperbaiki demi terselenggaranya Pemilu pada April 2019 mendatang.

"Itu data kita pada 16 September 2018. Setelah itu, masih memperbaiki," kata Fauzi di kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Minggu (7/10).

Sebelumnya pada 5 September, DPT dari seluruh PPLN terdapat 2.049.791. Namun setelah dilakukan perbaikan ternyata terdapat data ganda.

"PPLN akan mencermati kembali untuk diteliti kembali, jangan sampai ada data ganda," tegas Fauzi.

Oleh karena itu, lanjut Fauzi, pihaknya akan terus memperbaiki dan akan meminta data lagi pada 16 Oktober mendatang.

"Satu bulan setelah rapat di KPU, kita minta mereka melaporkan apa yang terjadi di sana. Sebagai gambaran teman-teman itu data migrant di luar negeri," ucapnya.

Menurut Fauzi terdapat kendala PPLN untuk mendapatkan data, mereka yang bekerja sulit untuk ditemui dan sulit mendapatkan izin dari bosnya.

"Melihat beberapa kendala ada banyak yang tidak seperti itu sehingga kedatangannya pun kita tidak tahu, kepulangannya tidak tahu. Sehingga PPLN menghadapi kesulitan," pungkasnya.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up