JawaPos Radar

Sepekan Uji Coba ETLE, 613 Kendaraan Melanggar

07/10/2018, 16:07 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Sepekan Uji Coba ETLE, 613 Kendaraan Melanggar
Uji coba ETLE terpantau ratusan pengendara melanggar. (Issak Ramadhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Uji coba Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) mulai diuji coba pada 1 Oktober lalu. Selama sepekan uji coba sebanyak 613 kendaraan terpantau melakukan pelanggaran di Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengakui masih banyak pelanggaran dalam uji coba ETLE. Hal itu terpantau dari closed circuit television (CCTV) yang telah terpasang di dua lokasi sepanjang jalan protokol.

"Melalui RTMC Polda Metro Jaya, uji coba E-TLE tercatat kurang lebih 613 pelanggaran semasa uji coba terhitung mulai tanggal 1 - 6 Oktober 2018 berdasarkan jam-jam yang telah ditetapkan," kata Yusuf, Minggu (7/10).

Sepekan Uji Coba ETLE, 613 Kendaraan Melanggar
Infografis uji coba ETLE. (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Dalam catatan Dirlatantas Polda Metro Jaya, pelanggaran didominasi oleh kendaraan berpelat hitam yang disusul oleh kendaraan yang masih belum teridentifikasi atau tidak dikenal. Dengan rincian kendaraan berpelat hitam yaitu sebanyak 369 pelanggar, disusul oleh pelat yang tidak dikenali sebanyak 116 pelanggar.

"Selebihnya pelat kuning sebanyak 61 pelanggar, pelat merah 20, pelat TNI/Polri 16, pelat kedutaan 10, pelat luar DKI 2. Sedangkan Diskresi Petugas 19 pelanggar," ungkapnya.

Pada uji coba hari kelima dan keenam, Kombes Pol Yusuf mengatakan adanya penurunan jumlah pelanggaran. Kemungkinan pengendara sudah mulai mengetahui dengan adanya uji coba ETLE ini.

"Pada hari ke 5 tercatat 53 pelanggar, sedangkan hari 6 turun menjadi 27 pelanggar," ucapnya.

Dari catatan Dirlantas Polda Metro Jaya persentase pelanggaran menurun hingga 49 persen pada hari ke-6. Diharapkan ke depan jumlah pelanggaran semakin menurun dan pengendara menatuhi aturan yang ada.

(dik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up