JawaPos Radar

Dari Medan, Jokowi Dijadwalkan Bertandang ke Ranah Minang

07/10/2018, 14:26 WIB | Editor: Budi Warsito
Dari Medan, Jokowi Dijadwalkan Bertandang ke Ranah Minang
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com -  Usai membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional 2018 di Medan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan berkunjung ke Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (8/10).

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia kali ini , merupakan yang keenam kalinya di Ranah Minang. Kepala Biro Humas Setda Pemprov Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, Jokowi hadir dalam rangka menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke 28 Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) yang berlangsung di Kota Padang. Setelah itu, Jokowi kembali terbang ke Jakarta.

"Insha Allah Presiden besok ke Sumbar," kata Kepala Biro Humas Setda Pemprov Sumbar, Jasman Rizal dalam pesan WhatsApp-nya, Minggu (7/10)

Ia menerangkan, kedatangan Jokowi masih dalam rangkaian kunjungan ke Medan. "Makanya tidak ada rundown khusus Presiden selama di Padang," bebernya.

Sebelumnya, Sumbar terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakernas IWAPI ke-28. Agenda tahunan wanita-wanita pengusaha itu, akan dihadiri lebih 1.500 orang dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) IWAPI Sumbar, Emma Yohanna mengatakan, Rakernas IWAPI akan dilangsungkan pekan kedua Oktober 2018. Rangkaian kegiatan dipusatkan di Kota Padang.

"Kita terpilih jadi tuan rumah. Agendanya tanggal 8 sampai 10 oktober," kata Emma Yohanna dalam konfrensi persnya di Padang,

Tak hanya pengusaha, rapat nasional itu dikabarkan juga akan dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Jokowi-JK. Diantaranya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar; Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise.

Dari rangkuman JawaPos.com, sejak dilantik menjadi orang nomor satu di Negeri ini, terhitung sudah lima kali Jokowi menginjakkan kaki di tanah Minang dengan ragam agenda. Pertama, Jokowi datang ke Sumbar sekaligus meninjau daerah Riau, Jambi yang terdampak kabut asap pada Oktober 2015 silam.

April 2016, Jokowi kembali ke Sumbar dengan agenda membuka Latihan Multilateral Angkatan Laut Komodo 2016. Juli di tahun itu juga (2016), Jokowi lagi-lagi ke Sumbar dengan agenda bagi-bagi sembako di Kota Padang. Jokowi juga hadir dalam tablig akbar di kantor Gubernur Sumbar dan salat idul fitri 1437 hijriah di Masjid  Raya Sumbar, kala itu.

Setelah itu, Sumbar di daulat sebagai tuan rumah Hari Pers Nasinal (HPN) yang dipusatkan di Padang tanggal 9 Februari 2018. Tiga hari lamanya Jokowi menghabiskan waktu di Ranah Minang sejak tanggal 7 hingga 9 Februari.

Tiga hari di Sumbar, Jokowi tak hanya menghadiri puncak HPN, ia juga meninjau proyek padat karya di Dharmasraya, membagikan sertifikat tanah, kartu indonesia pintar (KIP), bantuan program keluarga harapan (PKH), bantuan sosial pangan rastra, hingga ground breaking tol Padang-Pekanbaru di Kabupaten Padang Pariaman.

Berselang dua bulan setelah itu, Jokowi kembali mendarat di Sumbar pada 21 Mei 2018. Kali ini, Jokowi datang untuk meresmikan pemakaian KA BIM. Lalu, membagikan 510 sertifikat tanah masjid dan musala, hingga peresmian kampus II pesantren modern terpadu Prof Dr Hamka di Koto Tangah, Kota Padang.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up