JawaPos Radar

Cegah Rabies pada Kucing, Kenali Ciri-Cirinya

07/10/2018, 14:08 WIB | Editor: Budi Warsito
Cegah Rabies pada Kucing, Kenali Ciri-Cirinya
Tim dokter tengah melakukan pemeriksaan tergadap kucing mencegah penyakit rabies pada kucing.  (Fiska Tanjung/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Penyakit rabies tidak hanya bisa ditularkan oleh anjing, kucing pun juga bisa menularkan penyakit yang bersifat zoonotik (dapat ditularkan dari hewan ke manusia) tersebut. Namun, penyakit tersebut bisa dicegah dengan mengenali ciri-cirinya.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Disperta KP Kota Malang, drh Anton Pramujiono mengatakan, ciri-ciri rabies pada kucing sebenarnya bisa dikenali sejak dini. "Dilihat dari gejala klinis pada hewan, pertama akan sembunyi ditempat gelap, takut air, takut sinar, nafsu makan turun," ujarnya pada saat kegiatan Posyandu Kucing Pelayanan Kesehatan Hewan Terpadu, Minggu (7/10) di Malang.

Jika ciri-ciri tersebut sudah terlihat pada kucing, lanjut dia, pemilik kucing lebih baik langsung melaporkan ke dinas terkait. Anton menyampaikan, penyakit rabies pada kucing juga bisa disebabkan karena pengaruh cuaca. "Cuaca pengaruh dengan kesehatan kucing. Bisa menimbulkan dehidrasi dan nafsu makan turun," kata dia. 

Cegah Rabies pada Kucing, Kenali Ciri-Cirinya
Tim dokter tengah melakukan pemeriksaan tergadap kucing mencegah penyakit rabies pada kucing.  (Fiska Tanjung/JawaPos.com)

Dia mengungkapkan, jika memang ada perubahan perilaku pada kucing, pemilik kucing diimbau untuk segera memeriksakan kucingnya. "Harus segera diperiksa. Pemeriksaan kesehatan biasanya sebulan sekali. Biasanya vitamin, kalau vaksin 3 bulan sekali," kata dia. 

Oleh karena itu, pada kegiatan kali ini pihaknya juga mensosialisasikan terkait penyakit rabies kepada para pecinta kucing di Malang Raya. Hal itu bersamaan dengan peringatan Hari Rabies Sedunia yang diperingati setiap tanggal 28 September. 

"Ini juga sebagai sosialisasi penyakit rabies yang sekarang banyak merebak di Indonesia," ujarnya.

Pada kegiatan ini, pihaknya bekerja sama dengan komunitas Malang Cat Lovers memberikan layanan pemeriksaan gratis kepada kucing. Seperti pemeriksaan suhu tubuh, berat badan, kondisi tubuh, penyakit kulit dan yang lainnya. 

Anton mengungkapkan, penyakit yang sering menyerang kucing yakni, scabies atau penyakit kulit. Sementara lainnya seperti penyakit diare dan nafsu makan menurun. "Kalau penyakit mematikan sementara ini tidak ada," pungkasnya.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up